RPP Fikih Kelas 5 SD/MI Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Fikih Kelas 5 SD/MI Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas /Semester : V/Ganjil
Materi Pokok : Bersuci Dari Haid
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini bahwa bersuci adalah perintah Allah
2.1 Membiasakan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perintah bersuci dari haid
3.1 Memahami mandi wajib setelah haid
4.1 Mensimulasikan mandi wajib setelah haid

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Mempercayai bahwa bersuci adalah perintah Allah
2.1.1 Membiasakan diri berprilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman terhadap perintah baersuci dari haid
3.1.1 Menjelaskan pengertian haid
3.1.2 Menentukan hukum bersuci setelah haid
3.1.3 Menjelaskan hal-hal yang menyebabkan harus mandi wajib
3.1.4 Menjelaskan tentang rukun mandi wajib dan sunnah-sunnah mandi wajib
3.1.5 Menjelaskan tentang perbedaan mandi wajib dengan mandi biasa
3.1.6 Menyebutkan hal-hal yang diwajibkan mandi wajib
3.1.7 Mengidentifikasi larangan ketika haid
3.1.8 Menyebutkan hikmah mandi haid
4.1.1 Mencontohkan mandi wajib setelah haid

Baca Juga:

RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Peketi ( PAI &BP ) Kelas 5 SD/MI Revisi 2017
Silabus Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2017 Revisi 2017
Silabus Fikih Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) kurikulum 2013
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 3 SD/MI Revisi 2017
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI & BP) Kelas 4 SD/MI Revisi 2017


C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat ,mampu memahami ketentuan mandi wajib, mampu mempraktekkan tata cara mandi setelah haid dan ,mampu menyebutkan hikmah mandi wajib setelah haid, Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Haid
2. Konsep
Haid adalah tanda bahwa seorang perempuan telah memasuki usia akil baligh. Pada saat itu mulai diwajibkan perintah agama seperti shalat, puasa dan ibadah lain.
Akil Baliq adalah tanda seseorang telah memasuki usia dewasa dan sudah dibebankan tanggungjawab mengerjakan perintah agama.
3. Prinsip
Seorang perempuan yang sedang haid dilarang melakukan ibadah sebagai berikut:
• Shalat (baik shalat wajib atau sunah)
• Puasa (baik shalat wajib dan sunah)
• Mengerjakan Tawaf baik Tawaf fardhu ataupun sunnah
• Menyentuh dan membaca Al-qur’an
• I’tikaf atau berdiam di masjid (jika sekedar lewat dibolehkan)
4. Prosedur
 Mempergakan tata cara mandi setelah haid dengan baik dan benar

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Al-Quranul Karim
2. Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI, Kelas V
3. Buku fikih sunah
4. Buku fikih Sulaiman Rasyid
5. Buku penunjang lainnya yang relevan
6. Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala MI                                           Guru Mata Pelajaran

………………………………           ………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah