RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 3 SD/MI Revisi 2017
RPP PAI & BP Kelas 3 SD/MI |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /Semester : III/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar
Alokasi Waktu : 32 JP (8 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI -1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI -2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil..
2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar
3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar.
4.1.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalanQ.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan lancar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Membiasakan diri membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1.1 Memiliki sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar
3.1.1 Menganalisis makna Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar.
4.1.1.1 Melafalkan kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar.
4.1.2.1 Menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar
4.1.1.1 Menghafalkan Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan lancar.
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat, Membaca al-Qur’an surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai 2 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar,Membaca al-Qur’an surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai 3 sesuai tajwid al-Qur’an yang benar,Menunjukkan hafalan surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai ayat 2 sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar,Menunjukkan hafalan surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai ayat 3 sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar,Menulis kalimat dalam surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai ayat 2 dengan benar,Menulis kalimat dalam surat an-Nasr dan al-Kausar ayat 1 sampai ayat 3 dengan benar,Peduli terhadap sesame,Membantu terhadap sesame,Menyebutkan arti surat an-Nasr dan al-Kausar dengan benar,Menjelaskan pokok-pokok isi surat an-Nasr dan al-Kausar dengan benar,Menjelaskan arti sikap peduli dengan benar,Menjelaskan arti sikap peduli terhadap sesama dengan benar,Menunjukan contoh perilaku peduli terhadap sesama dengan benar,Mendemonstrasikan perilaku peduli terhadap sesama dengan benar, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Baca Juga:
- Buku Fikih Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi
- Silabus Fikih Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Pendidikan Agama Islam (PAI & BP) Kelas 4 SD/MI Revisi 2017
- Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
- Surat an-Nasr adalah surat yang ke 110 dalam al-Qur’±n.
- Surat an-Nasr terdiri atas 3 ayat.
- Nama an-Nasr diambil dari kata Nasr yang terdapat pada ayat pertama surat an-Na£r.
- An-Nasr artinya pertolongan.
- Surat al-Kausar adalah surat yang ke 108 dalam al-Qur’an.
- Surat al-Kausar terdiri atas 3 ayat.
- Dinamai al-Kausar diambil dari perkataan al-Kausar yang terdapat pada ayat pertama surat al-Kausar.
- Al-Kausar artinya nikmat yang banyak.
2. Konsep
- Pertolongan Allah akan datang dan Islam akan mendapat kejayaan.
- Perintah Allah kepada orang beriman agar bertasbih, memuji-Nya dan minta ampun kepada-Nya di kala terjadi peristiwa yang menggembirakan.
- Allah Swt. telah melimpahkan nikmat yang banyak.
- Perintah dari Allah Swt. agar kalian mendirikan salat dan berkurban.
- Nabi Muhammad saw. akan mempunyai pengikut yang banyak sampai hari kiamat. Nabi Muhammad saw. akan mempunyai nama yang baik di dunia dan di akhirat, tidak sebagaimana yang dituduhkan pembenci-pembencinya.
3. Prinsip
- Melafalkan kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar.
- Menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan benar
- Menghafalkan Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan lancar.
4. Prosedur
- Bersyukur kepada Allah swt .
- Minta ampun kepada Allah swt.
- Meminta pertolongan kepada Allah swt.
- Rajin beribadah kepada Allah swt.
- Bersyukur apabila mendapat nikmat yang banyak
- Melakukan salat setiap hari
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan
F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah
G. Sumber Belajar
1. Al-qur,an dan Terjemah
2. Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SDN Guru Mata Pelajaran
…………………………… ……………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.