RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020
RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020 |
RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020 Sesuai SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MTS
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Materi Pokok : Thaharoh / Bersuci
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Menyebutkan pengertian taharah dan dalilnya, Menjelaskan ketentuan bersuci dari najis, Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, serta mampu Menyebutkan pengertian najis, Menyebutkan macam-macam najis dan contohnya, Menyebutkan pengertian hadas, Menyebutkan macam-macam hadas dan contohnya dan Bersuci dari hadas dan najis dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
a. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
• Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
• Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
• Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
Nama Sekolah : MTS
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Materi Pokok : Thaharoh / Bersuci
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu : Menyebutkan pengertian taharah dan dalilnya, Menjelaskan ketentuan bersuci dari najis, Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, serta mampu Menyebutkan pengertian najis, Menyebutkan macam-macam najis dan contohnya, Menyebutkan pengertian hadas, Menyebutkan macam-macam hadas dan contohnya dan Bersuci dari hadas dan najis dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas XII MA Revisi 20202. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
• Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
• Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
• Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian thaharah,najis dan hadats
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian thaharah,najis dan hadats
Download juga RPP 1 Lembar Fikih Kelas X, XI dan XII MA Revisi 2020Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian thaharah,najis dan hadats
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian thaharah,najis dan hadats
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian thaharah,najis dan hadats
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Fikih MTS dan RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020 silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017
Download juga: RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP/MTSUntuk mendapatkan contoh RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020 silahkan download filenya link yang sudah kami sediakan pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Fikih MTS dan RPP 1 Lembar Fikih Kelas 7, 8 dan 9 MTS Revisi 2020 silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017