RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Peketi ( PAI &BP ) Kelas 5 SD/MI Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Peketi ( PAI &BP ) Kelas 5 SD/MI Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /Semester : V/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Q.S. at-Tin
Alokasi Waktu : 12 JP (3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn
3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar.
4.1.1 Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Membiasakan diri membaca al-Qur-an dengan tartil
2.1.1 Memiliki sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. at-Tīn dan Q.S. al-Mā’ūn
3.1.1 Menganalisis arti dari Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar.
3.1.2 Menganalisis kalimat-kalimat yang terkandung dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan benar
4.1.1.1 Membaca kembali Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar
4.1.2.1 Menuliskan kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar.
4.1.1.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma’un dengan baik dan benar

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
• Membaca Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma’un dengan tartil.
• Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma’un.
• Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma’un
• Mengetahui makna Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma-un dengan benar
• Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma’un
• Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin dan Q.S.al-Ma’un.
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

Baca Juga:

Silabus PAI & BP Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI & BP) Kelas 4 SD/MI Revisi 2017
Silabus Fikih Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) kurikulum 2013
Silabus Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2017 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• al-Qur’ān adalah mu’jizat terbesar dan teristimewa di antara mu’jizat yang diterima Nabi Muhammad saw. Dari sekian banyak mu’jizat yang diturunkan Allah kepada para Rasul-Nya, al-Qur’ān inilah yang sampai kepada kita bahkan hingga hari kiamat nanti.
• Surah ini dinamakan at-Tin diambil dari kata at-Tin yang terdapat pada ayat pertama yang artinya buah Tin. Surah at-Tin adalah surah ke-95 dalam al-Qur’ān yang berjumlah 8 ayat, termasuk golongan surah yang turun di Mekah atau disebut juga surah Makkiyyah
• Tartil artinya membaca sesuai dengan kata, tanda dan barisnya. Dibaca dengan tenang, tidak tergesa-gesa.
• Tin adalah buah yang enak dan lembut serta cepat dicerna. Ia menjadi obat yang banyak manfaatnya, memperhalus fisik, mengencerkan dahak, membersihkan ginjal, menghancurkan batu pada saluran air seni, menggemukkan badan dan dapat melonggarkan rongga hati dan limpa.
• Zaitun adalah buah yang memiliki keistimewaan karena kandungan minyaknya yang berlimpah sehingga dapat dipergunakan di daerah yang kurang memiliki minyak.
2. Konsep
• Insya Allah aku selalu menghafal al-Qur’ān surah at-Tin.
• Insya Allah aku selalu berlatih menulis al-Qur’ān surah at-Tin
3. Prinsip
• Aku harus dapat menulis huruf al-Qur’ān dengan baik
4. Prosedur
• Dalam menulis huruf-huruf al-Qur’ān sebaiknya memperhatikan letak huruf-hurufnya.
• Ada huruf yang ditulis letaknya di atas garis buku, ada pula huruf yang ditulis memotong garis buku

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Kurikulum 2013 revisi 2017
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                      Guru Mata Pelajaran



……………………………             ………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah