RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 11 MA Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 11 MA Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : MAN/S
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Proses Lahirnya dan Fase-Fase Pemerintahan Bani Umayyah
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menyadari bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT
1.2 Menyadari bahwa dalam perjuangan ada fase-fase yang harus dilewati
2.1 Membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus
2.2 Meneladani perilaku mulia dari Khalifah bani Umayah Damaskus sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai dinasti bani Umayah di Damaskus
3.1 Menganalisis proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus
3.2 Memahami fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus
4.1 Menceritakan proses berdirinya dinasti bani Umayah
4.2 Membuat sinopsis tentangfase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menunjukan rasa kesadaran bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT
1.1.1 Menunjukan rasa kesadaran bahwa dalam perjuangan ada fase-fase yang harus dilewati
1.2.1 Terbiasa bersikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus
2.1.1 Menerapkan perilaku mulia dari Khalifah bani Umayah Damaskus sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai dinasti bani Umayah di Damaskus
3.1.1 Menjelaskan latar lahirnya bani umyyah
3.1.2 Menjelaskan proses lahirnya bani umayyah
3.2.1 Mengidentifikasi fase-fase pemerintahan bani umayyah
3.2.2 Mendeskripsikan fase-fase pemerintahan bani umayyah
4.1.1 Menceritakan kembali proses berdirinya dinasti bani Umayah
4.1.1 Membuat sinopsis tentangfase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus

Baca Juga :

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
• Menganalisis proses lahirnya Bani Umayyah di Damaskus
• Mengklasifikasi fase-fase pemerintahan dinasti Bani Umayyah di Damaskus
• Menceritakan proses berdirinya dinasti Bani Umayyah.

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Lahirnya bani Umaiyah I Damaskus tahun 40 hijriyah oleh Muawiyah bin Abi Sufyan di kota kecil Illiyat di wilayah Yerussalem
2. Konsep
• Menjelaskan latar lahirnya bani umyyah
• Menjelaskan proses lahirnya bani umayyah
• Mengidentifikasi fase-fase pemerintahan bani umayyah
• Mendeskripsikan fase-fase pemerintahan bani umayyah
3. Prinsip
• Menunjukan rasa kesadaran bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT
• Menunjukan rasa kesadaran bahwa dalam perjuangan ada fase-fase yang harus dilewati
• Terbiasa bersikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus
• Menerapkan perilaku mulia dari Khalifah bani Umayah Damaskus sebagai inplementasi dari pemahaman mengenai dinasti bani Umayah di Damaskus
4. Prosedur
• Menceritakan kembali proses berdirinya dinasti bani Umayah
• Membuat sinopsis tentangfase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Spidol
5. Whiteboard

G. Sumber Belajar :
1. Buku Pedoman Guru Mapel SKI Kelas XI MA,
2. Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kelas XI MA,
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh Bapak/Ibu pendidik berupa pertanyaan-pertanyaan tentang mengenal al-Qur`an (Bapak/Ibu pendidik mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

………………., 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah                   Guru Mata Pelajaran

………………………                     ……………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah