RPP Fikih Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Revisi 2017

http://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Fikih Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Madrasyah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Menyukai Makanan yang Halal dan Menjauhi yang Haram
Alokasi Waktu : 10 JP (5 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima ketentuan makanan halal/haram
2.1 Membiasakan mengkonsumsi makanan halal
3.1 Memahami ketentuan makanan halal dan haram dikonsumsi
4.1 Menyajikan klasiikasi makanan halal dan haram

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Meyakini ketentuan makanan halal/haram
2.1.1 Terbiasa mengkonsumsi makanan halal
3.1.1 Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram
3.1.2 Menjelaskan macam-macam makanan yang halal dan haram
3.1.3 Menyebutkan akibat mengkonsumsi makanan yang haram
3.1.4 Menyebutkan hikmah mengkonsumsi makanan yang halal
4.1.1 Membiasakan mengkonsumsi makanan yang halal
4.1.2 Menjauhi makanan yang haram
4.1.3 Menuliskan dan menghapalkan dalil-dalil yang menjelaskan tentang makanan halal!

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi,menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat,Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation, peserta didik dapat menjelaskan arti dan macam-macamnya makanan yang halal dan haram,Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation, peserta didik dapat membiasakan mengonsusmsi makanan yang halal dan menjauhi makanan yang haram,Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation peserta didik dapat menjelaskan hikmah mengonsusmsi makanan yang halal,Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation, peserta didik dapat menjelaskan akibat mengkonsumsi makanan yang haram, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
  • Makanan halal adalah makanan yang diizinkan Allah untuk dimakan dan diminum oleh umat Islam.
  • Makanan haram adalah makanan yang dilarang Allah dan rasul-Nya untuk dimakan oleh orang Islam.
2. Konsep
  • Hikmah larangan mengonsumsi makanan haram merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada manusia.
3. Prinsip
  • Beberapa akibat yang ditimbulkan mengonsumsi makanan yang haram antara lain, akan mendapatkan murka dan azab dari Allah baik di dunia maupun di akhirat dan tidak ada keberkahan dalam dirinya serta mudah terkena berbagai macam penyakit.
4. Prosedur
  • Tidak akan masuk surga (yaitu) tubuh yang diberikan makan dari sesuatu yang haram.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Al-Quranul Karim
2. Buku Mata Pelajaran Fikih MI Kelas VI
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan


H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
  • Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
(Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Menulis 2 ayat al Quran dan 2 hadits yang berhubungan dengan:
- makanan halal
- makanan haram
b. Menulis terjemahnya
c. Menyebutkan hikmah dari :
- dihalalkannya mengonsusmsi makanan halal
- diharamkannya mengonsusmsi makanan haram

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Madrasyah Ibtidaiyah (MI)     Guru Mata Pelajaran


……………………                              ……………………
NIP/NRK.                                             NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah