RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /Semester : II /Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Nabi Muhammad saw. Teladanku
Alokasi Waktu : 8 JP (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.15 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.15.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.15.1 Menunjukkan sikap jujur.
3.15.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.15.2 Menjelaskan sikap jujur dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.15.1 Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.15.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
  1. Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
  3. Menunjukkan sikap jujur dengan benar.
  4. Menyebutkan manfaat orang jujur dengan benar
  5. Menyebutkan kerugian orang yang tidak jujur dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong-royong, Integritas

Baca Juga :

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
  • Nabi Muhammad saw. terkenal jujur dalam setiap perkataan dan perbuatannya. Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-AmÄ«n.
  • Sejak kecil, Nabi Muhammad saw. memiliki sifat jujur. Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai pemimpin yang jujur.
2. Konsep
  • Aku selalu berkata dan berbuat jujur
  • Orang jujur disayang Allah, di senangi orang tua dan guru dan punya banyak teman
3. Prinsip
  • Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu bersikap jujur.
  • Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang.
  • Jujur akan membawa kebaikan
4. Prosedur
  • Meneladani kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5.Spidol
6. Penghapus

G. Sumber Belajar
1. Buku Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
  • Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                      Guru Mata Pelajaran




…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah