Silabus Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
Silabus Akidah Akhlak Kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017. Silabus adalah serangkaian rancangan dasar pelaksanaan pembelajaran yang meliputi Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber Belajar. 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan sekalian alam. Nikmat-Nya yang begitu “deras” mengalir mengantarkan manusia pada “hilir” kesadaran bahwa kasih yang Dia limpahkan bersifat universal menembus “belukar” sekat suku, agama, ras an- tar golongan juga adil kepada mereka yang patuh maupun yang inkar.
Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawentahkan (dilak- sanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidi- kan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompok- kan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya

Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan ma- drasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matema- tika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). Al-Qur’an Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikem- bangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir- Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih-Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.

Untuk mendapatkan dan mendownload silabus Silabus Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017 secara lengkap silahkan klik pada halaman di bawah ini yang sudah kami sediakan

Akhirnya, semoga Silabus Akidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mampu menjadi “jembatan” antara harapan dengan cita- cita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia Kāffah (utuh) yang memiliki tidak saja kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial ditengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Āmīn.

Baca juga artikel lainnya:
Buku Guru dan Buku Siswa Fikih Kelas 11 MA Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah