Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap
Fikih kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Bismillahirrahmanirrahim
Puji syukur al-hamdulillah kehadlirat Allah Swt., yang menciptakan, mengatur dan menguasai seluruh makhluk di dunia dan akhirat. Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan ridha-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya yang telah membimbing manusia untuk meniti jalan lurus menuju kejayaan dan kemuliaan.
Fungsi pendidikan agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya.
Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah,ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linear akan dipelajari menurut jenjangnya.
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini. Keberadaan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.
Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap ini terdiri dari beberapa file di antaranya:
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Puji syukur al-hamdulillah kehadlirat Allah Swt., yang menciptakan, mengatur dan menguasai seluruh makhluk di dunia dan akhirat. Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan ridha-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya yang telah membimbing manusia untuk meniti jalan lurus menuju kejayaan dan kemuliaan.
Fungsi pendidikan agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya.
Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah,ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linear akan dipelajari menurut jenjangnya.
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini. Keberadaan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.
Perangkat Pembelajaran Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester Genap ini terdiri dari beberapa file di antaranya:
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2. Silabus Fikih Kelas IV MI
3. Analisis Kompetensi
4. Format Penentuan KKM
5. Pemetaan Kompetensi dan teknik penilaian
6. Penetapan Indikator dan pencapaian Kompetensi
7. Analisis keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran
8. Analisis Alokasi Waktu
9. Program Tahunan
10. Program Semester
11. Buku Guru Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013
12. Buku Siswa Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013
Tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang.
Jazakumullah Khairan Kasiron
3. Analisis Kompetensi
4. Format Penentuan KKM
5. Pemetaan Kompetensi dan teknik penilaian
6. Penetapan Indikator dan pencapaian Kompetensi
7. Analisis keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran
8. Analisis Alokasi Waktu
9. Program Tahunan
10. Program Semester
11. Buku Guru Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013
12. Buku Siswa Fikih Kelas IV MI Kurikulum 2013
Tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang.
Jazakumullah Khairan Kasiron
Baca Juga artikel lainnya seperti: