RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) Kelas 1 SD/MI Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) Kelas 1 SD/MI Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /Semester : I /Ganjil
Materi Pokok : Kasih Sayang
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (1 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw..

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.17.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17.1 Menunjukkan sikap kasih sayang.
3.17.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17.2 Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Muhamm saw.
4.17.1 Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.

Baca Juga :

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
  1. Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih.
  2. Menerima adanya Allah Swt. Maha Penyayang.
  3. Menunjukkan sikap kasih sayang
  4. Melafalkan Asmā'ul Husnā ar-Rahmān.
  5. Melafalkan Asmāul Husnā ar-Rahīm
  6. Mengartikan Asmāul Husnā ar-Rahmān
  7. Mengartikan Asmāul Husnā ar-Rahīm
  8. Menyebutkan kasih sayang Allah Swt.
Fokus Sikap :
Jujur
Tanggung Jawab
Toleran
Kerja sama
Aktiv
Kreativ
Peduli


D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Nabi Muhammad saw Adalah nabi yang penyayang
2. Konsep
Nabi Muhammad saw Penyayang
3. Prinsip
Menunjukan kasih sayang kepada setiap mahluk
4. Prosedur
Mengaplikasikan sikap kasih sayang nabi muhammad dalam kehidupan
Mentauladani sikap kasih sayang nabi muhammad dalam kehidupan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
  • Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut. Menjelaskan sikap kasih sayang nabi muhammad saw

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya. Peserta didik diminta untuk Menjelaskan sikap kasih sayang nabi muhammad saw

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                       Guru Mata Pelajaran



……………………………………    …………………………………….
NIP/NRK.                                             NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah