Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017
Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 |
Baca Juga:
- Silabus Akidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Fikih Kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013
- Silabus Fikih Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Buku Fikih Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi
Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2017 Revisi 2017 ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.