RPP Pendidikan Agama Islam (PAI & BP) Kelas 4 SD/MI Revisi 2017

pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI & BP) Kelas 4 SD/MI Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya
Alokasi Waktu : 4 JP ( 1 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.2 Meyakini Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah. 
1.2.1 Menunjukan keyakinan bahwa Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah

2.2 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Allah itu ada. 
2.2.1 Menampilkan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Allah itu ada.

3.2 Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah 
3.2.1 Menganslisis keberadaan Allah melalui makhluk ciptaan-Nya.
3.2.2 Mengetahui keberadaan Allah melalui makhluk ciptaan-Nya

4.2 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada. 
 4.2.1 Mengamati makhluk ciptaan Allah disekitar rumah dan sekolah

Baca Juga :


C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat Mengetahui Allah Swt. Itu ada, Memahami makhluk ciptaan-Nya terutama yang ada di sekitar rumah dan sekolah, Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Allah Swt. yang menciptakan dan menguasai alam raya ini yang ada di langit dan bumi: manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan ciptaan lainnya. .
2. Konsep
Mengamati makhluk ciptaan Allah disekitar rumah dan sekolah
3. Prinsip
“Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.” (Q.S al-Fātihah/1:2)
“Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia; pencipta segala sesuatu,maka sembahlah Dia; Dialah pemelihara segala sesuatu.” ( al-An’am/6: 102)
4. Prosedur
Mengetahui keberadaan Allah melalui makhluk ciptaan-Nya

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Praktek dan Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Whiteboar
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Buku Mata PelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV Kurikulum 2013
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh guru berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.


……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                      Guru Mata Pelajaran


…………………………                  ……………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah