RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Materi Pokok : Sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun Masyarakat
Tema : Kearifan Nabi Muhammad SAW. Wujudkan Kedamaian
Sub Tema : Kondisi Masyarakat Arab Sebelum Islam
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4x40 menit


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Download juga Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTS Kurikulum 2013
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah.
3.1 Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
4.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Peserta didik diminta meyakini misi dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.1.1 Peserta didik dapat merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan peta wilayah Jazirah Arab
3.1.2 Siswa dapat menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat Mekah dan Medinah sebelum mengenal Islam
3.1.3 Siswa dapat menjelaskan kondisi sosial masyarakat Mekah dan Medinah sebelum mengenal Islam
3.1.4 Siswa dapat menjelaskan prioritas dakwah Nabi saw di Mekah dan Madinah
4.11 Siswa dapat menceritakan sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
4.12 Melafalkan QS. Al-‘Alaq [96]: 1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW.
Download juga RPP Bahasa Arab Kelas VII MTS Kurikulum 2013
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat meyakini misi dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat. merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah.menjelaskan pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah,menjelaskan pola dakwah Nabi Muhammad di Madinah,Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW .Sebagai rahmatan lil alamin,Menjelaskan Kondisi mekah sebelum islam,Mengidentifikasi cara dakwah nabi Muhammad SAW, di mekah,Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad Saw,di mekah,Menjelaskan hikmah dari misi nabi Muhammad Saw, sebagai rahmatan lil allamin, Menjelaskan keteladanan dari perjuangan nabi Muhammad SAW, dalam menghadapi Masyarakat makkah’keteladanan dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat mekah,Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad SAW, dengan dakwah sekarang.Melapalkan surat al-alaq 1-5, Melapalkan Al –Mudatsir ayat 1-7 ,Melafalkan Q.S. asy-Syu‘arw 154 dan al-Hijr 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad Saw. waktu di Mekah , Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad Saw. waktu di Madinah). dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
Sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun Masyarakat
• Kepercayaan Masyarakat arab Sebelum Islam
• Pada awalnya, masyarakat Makkah adalah penganut agama tauhid yang dibawa oleh Nabi Ibrahim as. Kemudian dilanjutkan oleh putranya Nabi Ismail as.
• Perjalanan hidup Nabi Ibrahim, Siti Hawa (istrinya), dan Nabi Ismail (putranya)membuahkan sejumlah ajaran dan kebudayaan Islam yang sampai sekarang terpelihara, seperti Ka’bah, maqam Ibrahim, dan peristiwa qurban. Bahkan Prosesperjalanan kehidupan keluarga ini dinapaktilasi oleh umat Islam dalam salah saturukun haji.
• Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadis dengan sanad dari Ibnu Abbas, yang berbunyi: “Patung-patung yang ada pada zaman Nabi Nuh AS merupakan patung-patung yang disembah pula dikalangan bangsa Arab setelah itu.
• Bangsa Arab memiliki karakter yang positif seperti pemberani, ketahanan kebebasan loyal terhadap pimpinan, pola hidup sederhana, ramah, ahli syair dan Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum khamr (arak)
• Bangsa Arab memiliki mata pencaharian bidang perdagangan, pertanian, dan peternakan. Peternakan menjadi sumber kehidupan bagi Arab Badui. Mereka berpindah-pindah menggiring ternaknya ke daerah yang sedang musim hujan atau ke padang rumput. Mereka mengosumsi daging dan susu dari ternaknya. Adapun Masyarakat perkotaan yang tinggal di daerah subur, seperti Yaman,Thaif, Madinah, Najd, Khaibar atau yang lainnya, mereka menggantungkan sumber kehidupan pada pertanian.
• faktor-faktor penyebab penyimpangan Kondisi masyarakat arab sebelum islam :
1. Adanya kebutuhan terhadap Tuhan yang selalu bersama mereka terutama saat mereka membutuhkan.
2. Kecenderungan yang kuat mengagungkan leluhur yang telah berjasa terutama kepala kabilah nenek moyang mereka.
3. Rasa takut yang kuat menghadapi kekuatan alam yang menimbulkan bencana mendorong mereka mencari kekuatan lain di luar Tuhan.
Disamping kepercayaan terhadap penyembahan berhala, ada kepercayaan lainyang berkembang di Makkah, yaitu:
- Menyembah Malaikat
- Menyembah Jin, Ruh, atau hantu
• Pada masyarakat Arab pra-Islam dapat dibagi menjadi bua bagian berdasarkan atas batas territorial:
- Penduduk kota (al-hadharah
seperti Makkah dan Madinah. Kota Makkah merupakan kota penghubung perniagaan Utara dan Selatan. Para pedagang dengan kabilah-kabilah yang berani membeli barang dagangan dari India dan Cina di Yaman dan menjualnya ke Syiria di Utara.
- Penduduk pedalaman yang mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Cara mereka hidup adalah nomaden, berpindah dari suatu daerah ke daerah lain, mereka tidak mempunyai perkampungan yang tetap dan mata pencaharian yang tepat bagi mereka adalah memelihara ternak, domba dan unta.
• Kerajaan yang pernah ada di jazirah antara lain:
- Kerajaan Kindah (480-529 SM)
- Kerajaan Ma’in dan Kerajaan Qatban (1200 SM-700 SM)
- Kerajaan Saba’ (955 SM-115 SM)
- Kerajaan Himyar
- Pendudukan Romawi di Yaman
- Pendudukan Orang-Orang Persia atas Yaman
- Kerajaan Hirah,
- Kerajaan Ghassan,
- Hijaz
• Melapalkan surat al-alaq 1-5
• Melapalkan Al –Mudatsir ayat 1-7
• Melafalkan Q.S. asy-Syu‘arw 154 dan al-Hijr 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan
• Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad Saw. waktu di Mekah
• Mensimulasikan dakwah Nabi Muhammad Saw. waktu di Madinah4)
Download juga Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTS Kurikulum 2013
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
2. Buku siswa Qur’an Hadits Kemenag
3. Buku Guru Qur’an Hadits Kemenag
4. Gambar/ video/ multimedia interaktif
5. Akses Internet yang sesuai kebutuhan
6. Sumber lain yg menunjang

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga Perangkat Pembelajaran Al-Quran Hadis Kelas VII MTS Kurikulum 2013

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah