RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti - RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Download juga Silabus Bahasa Arab Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menghayati ibrah atau nilai positif dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
2.1 Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
3.1 Memahami sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
4.1 Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
1.1.2 Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
1.1.3 Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
1.1.4 Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
1.1.5 Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah
4.1.1 Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
4.1.2 Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
4.1.3 Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menghayati upaya Dinasti Bani Abbasiyah mendirikan Daulah merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam, Menghargai nilai-nilai positif dari khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang menonjol, Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang terkenal, Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah serta mampu Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Bahasa Arab Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Dinasti Abbasiyah
2. Konsep
• Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
• Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
• Mengidentifikasi proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah.
3. Prinsip
• Pembiasaan mengambil Ibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
• Pembiasaan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
4. Prosedur
• Menampilkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
• Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
• Menyebutkan nama–nama khalifah dinasti Abbasiyah

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Perpustakaan sekolah
6. Whiteboard
7. Spidol
Download juga Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap sejarah kebudayaan islam (SKI) kelas VIII MTs silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah