RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti - RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : MTs N/S
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Seni Budaya Lokal (Wayang, Kasidah, Dan Hadrah)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
2.1 Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
3.1 Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
4.1 Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Pembiasaan meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
1.1.2 Pembiasaan menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
1.1.3 Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
1.1.4 Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
4.4.1 Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah) sebagai bagian dari tradisi Islam, serta mampu Menunjukkan kepedulian terhadap tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia dan Menunjukkan contoh seni budaya lokal dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
1. Fakta:
• Wayang, Kasidah, dan Hadrah
2. Konsep
• Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3. Prinsip
• Meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
• Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
4. Prosedur
• Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
• Memainkan salah satu bentuk budaya local (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Perpustakaan sekolah
6. Whiteboard
7. Spidol
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs N/S
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Seni Budaya Lokal (Wayang, Kasidah, Dan Hadrah)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Download juga RPP Fikih kelas IX MTS K13 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
2.1 Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
3.1 Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
4.1 Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Pembiasaan meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
1.1.2 Pembiasaan menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
1.1.3 Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
1.1.4 Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
4.4.1 Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah) sebagai bagian dari tradisi Islam, serta mampu Menunjukkan kepedulian terhadap tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia dan Menunjukkan contoh seni budaya lokal dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga silabus Fikih kelas IX MTS K13 Revisi 2017D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Wayang, Kasidah, dan Hadrah
2. Konsep
• Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3. Prinsip
• Meyakini bahwa Allah SWT. memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
• Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
4. Prosedur
• Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
• Memainkan salah satu bentuk budaya local (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Perpustakaan sekolah
6. Whiteboard
7. Spidol
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Sumber lain yang relevan
Download juga silabus Bahasa Arab kelas IX MTS K13 Revisi 2017H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
- Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
- Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.
Download juga RPP Bahasa Arab kelas IX MTS K13 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.