Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013

http://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013

RPP adalah singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus adalah serangkaian rancangan dasar pelaksanaan pembelajaran yang meliputi Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber Belajar. Sedangkan Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada tingat atau jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Indonesia sebagai negara kesatuan yang terdiri atas berbagai suku bangsa, agama, budaya, ras, dan kelas sosial merupakan kekayaan yang patut disyukuri dan dipelihara agar tetap menjadi sumber kekuatan. Jika tidak disikapi dengan bijak, keberagaman itu dapat menjadi sumber konflik. Oleh karena itu, berbagai kearifan lokal yang telah mengakar di masyarakat harus dipelihara dan dikembangkan sesuai nilai-nilai Islam yang humanis, toleran, demokratis, multikultural, dan berwawasan kebangsaan.

Sejalan dengan karakteristik pendidikan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam mengembangkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks yang tersedia dalam bentuk buku guru dan buku siswa. Sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013, buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Guru dapat menggunakan buku pengayaan atau referensi lainnya dan mengembangkan bahan ajar sendiri seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, LKS bukan hanya kumpulan soal.

Baca Juga:

👉 Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Pembelajaran Al-Quran Hadis Kelas VII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017


Silabus untuk bidang studi Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 ini harus dimiliki oleh seorang guru bahasa arab yang mengajar pada kelas tersebut.
Guru tidak perlu menyusun RPP dan Silabus dengan kepala sendiri, tetapi cukup dengan mendownload dari Internet. seperti yang akan saya bagikan saat ini yaitu Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP dan Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 berjumlah dua semester, yaitu: RPP dan Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 semester 1 dan RPP Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 semester 2.

Guru diwajibkan membuat RPP beserta Silabus berdasarkan bidang studi yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum yang berlaku, seperti Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Menyusun RPP dan Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013 merupakan pekerjaan yang paling dibenci oleh sebagian guru bahasa arab. Oleh sebab itu guru bahasa arab harus menyusun dan memiliki RPP bahasa arab lengkap dengan Silabus. Tujuan guru menyusun dan memiliki RPP dan Silabus adalah untuk setoran semesteran kepada pengawas (kata teman saya). RPP dan Silabus itu bukan untuk diterapkan oleh guru di kelas, tetapi murni untuk diberikan kepada pengawas. Sebelum pengawas datang ke sekolah bapak/ibu guru, segera download RPP dan Silabusnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah