Silabus Bahasa Arab Kelas VIII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
Silabus Bahasa Arab Kelas VIII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang masuk dalam kelompok pendidikan agama islam tingkat Madrasa Tsanawiyah. Selain bahasa arab ada beberapa mata pelajaran lain yang masuk kedalam pendidikan agama islam tingkat Madrasah Tsanawiyah yaitu SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Fikih, Akidah Akhlak dan Al Quran Hadist. Sedangkan yang akan saya bagikan saat ini ialah Silabus Bahasa Arab Kelas VIII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Indonesia sebagai negara kesatuan yang terdiri atas berbagai suku bangsa, agama, budaya, ras, dan kelas sosial merupakan kekayaan yang patut disyukuri dan dipelihara agar tetap menjadi sumber kekuatan. Jika tidak disikapi dengan bijak, keberagaman itu dapat menjadi sumber konflik. Oleh karena itu, berbagai kearifan lokal yang telah mengakar di masyarakat harus dipelihara dan dikembangkan sesuai nilai-nilai Islam yang humanis, toleran, demokratis, multikultural, dan berwawasan kebangsaan.

Sejalan dengan karakteristik pendidikan abad 21 yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar. Pemanfaatan TIK mendorong siswa dalam mengembangkan kreativitas dan berinovasi serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Baca Juga:

👉 Silabus Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013
👉 RPP Bahasa Arab Kelas VII MTs Kurikulum 2013
👉 RPP Bahasa Arab Kelas VIII MTs Kurikulum 2013
👉 RPP Bahasa Arab Kelas IX MTs Kurikulum 2013


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Bahasa Arab memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks yang tersedia dalam bentuk buku guru dan buku siswa. Sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013, buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Guru dapat menggunakan buku pengayaan atau referensi lainnya dan mengembangkan bahan ajar sendiri seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, LKS bukan hanya kumpulan soal.

Aspek yang dinilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Bahasa Arab meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui bservasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalaui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek dan portofolio.

Sebagai ilustrasi, berikut ini dikemukakan beberapa contoh teknik penilaian. Dalam penilaian al-Qur’an dapat digunakan teknik penilaian praktik membaca al-Qur’an, komponen yang dinilai meliputi: cara membaca (pengucapan huruf, panjang pendek bacaan) dan adab membaca. Dalam penilaian aqidah dapat digunakan teknik penilaian diri terhadap pengamalan keyakinan. Dalam penilaian akhlak dapat digunakan teknik penilaian observasi. Dalam penilaian fiqh dapat digunakan teknik penilaian praktik ibadah. Dalam penilaian sejarah peradaban Islam dapat digunakan teknik penilaian proyek.

Agar lebih jelasnya lagi mengenai Silabus Bahasa Arab Kelas VIII MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah