Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017

http://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 yang sudah di kembangkan sesuai dengan Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas II mengikuti elemen pengorganisasi kompetensi dasar (KD) yang mengacu pada kompetensi inti (KI).

Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Upaya peningkatan keimanana dan ketakwaan tersebut dilakukan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.

Baca Juga:
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revis 2017 merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktIIitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan siswa.

Pengembangan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diperkuat melalui pengkondisian aktIIitas berupa interaksi siswa baik di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan pergaulan dunia yang terintegrasi dalam proses pembelajaran di kelas. Pada jenjang SD/MI kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan untuk mengembangkan pengenalan dalam pengamalan ajaran agama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah