RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Assalamualaikum wr. wb
Selamat bertemu kembali pada Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti, hari saya ingin membagikan mengenai perangkat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik Komponen dan sistematika penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) berikut ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MAN/S
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 Pertemuan)



A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga RPP Bahasa Arab Kelas 12 MA K13 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam
2.1 Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
3.1 Menganalisis sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
4.1 Menceritakan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menanamkan kesadaran nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam
2.1.1 Pembiasaan berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
3.1.1 Menjelaskan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
3.1.2 Menyimak penjelasan tentang sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
4.1.1 Menyajikan cerita sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
4.1.2 Memaparkan sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Siswa mampu menjelaskan sejarah pembaharuan dan modernisasi dunia Islam.
• Siswa mampu mengklasifikasi macam-macam gerakan pembaharuan dunia Islam.
• Siswa mampu menganalisis latar belakang, proses dan keberhasilan pembaharuan dan modernisasi di dunia Islam.
Download juga RPP Fikih Kelas 12 MA K13 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Gerakan pembaharuan Islam adalah suatu upaya untuk menyesuaikan (kontekstualisasi) ajaran Islam dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
2. Konsep
• Tradisi pembaharuan dalam Islam sebenarnya telah berlangsung lama sejak masa-masa awal sejarah Islam
3. Prinsip
• Menanamkan kesadaran nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam
• Pembiasaan berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia.
4. Prosedur
• Menganalisis, tentang sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
• Melakukan kritik terhadap sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
• Menyajikan paparan hasil analisis sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
• Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
• Menanggapi paparan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
• Menyusun kesimpulan materi sejarah pembaharuan atau modernisasi Islam di dunia
Download juga RPP Al Quran Hadis Kelas 12 MA K13 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2. Lembar penilaian
3. Perpustakaan sekolah
4. Penggaris, spidol, papan tulis
5. Laptop & infocus
6. Slde presentasi (ppt)

G. Sumber Belajar :
1. Buku Pedoman Guru Mapel SKI Kelas XII MA Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kelas XII MA Kurikulum 2013
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Akidah Akhlak Kelas 12 MA K13 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Spiritual
1) Observasi
Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
2) Jurnal (anecdotal record)
3) Penilaian diri sendiri (self assessment) :
Melatih peserta didik untuk menilai dan mengevaluasi diri sendiri
4) Teman sebaya (peer assessment)
Melatih peserta didik untuk jujur dan obyektif
b. Penilaian Kompetensi Sosial
1) Observasi
• Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
• Kejelasan dan kedalaman informasi
• Keaktifan dalam diskusi
• Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
2) Jurnal
3) Penilaian diri sendiri
4) Teman sebaya
c. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
d. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

Download juga Silabus Akidah Akhlak Kelas 12 MA K13 Revisi 2017
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
• Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh Bapak/Ibu pendidik berupa pertanyaan-pertanyaan tentang mengenal al-Qur`an (Bapak/Ibu pendidik mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Untuk mendapatkan RPP Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 silahkan download filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan berkunjung kehalaman disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah