RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) Kelas 10 SMA/MA Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI&BP) kelas 10 SMA/MA Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Iman Kepada Allah SWT (Asmaul Husna:al-Kariim, al- Mu’min, al-
Wakiil, al-Matiin, al-Jamii’, al-‘Adl, al-Akhiir)
Alokasi Waktu : 3 x 3 Jam Pelajaran (JP)


A. Kompetensi Inti (KI):
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
Kompetensi Dasar (KD)

1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
3.3 Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
4.3 Menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.3.1 Menerima bahwa Allah Maha Mulia
1.3.2 Menerima bahwa Maha Mengamankan
1.3.3 Menerima bahwa Maha Memelihara
1.3.4 Menerima bahwa Maha Sempurna Kekuatan-Nya
1.3.5 Menerima bahwa Maha Penghimpun
1.3.6 Menerima bahwa Maha Adil
1.3.7 Menerima bahwa Maha Akhir
2.3.1 Menampilkan sikap keluhuran budi sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim dalam kehidupan sehari-hari
2.3.2 Menampilkan sikap kokoh pendirian sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al- Matindalam kehidupan sehari-hari
2.3.3 Menampilkan sikap pemberi rasa aman sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Mu’min dalam kehidupan sehari-hari
2.3.4 Menampilkan sikap tawakal sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna Al-Wakil dalam kehidupan sehari-hari
2.3.5 Menampilkan sikap adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-‘Adl, dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim
3.3.2 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna:al-Mu’min
3.3.3 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna: al-Wakil
3.3.4 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna:al-Matin
3.3.5 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna: al-Jami’
3.3.6 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna: al-‘Adl
3.3.7 Menjelaskan makna al-Asma’u al-Husna: al-Akhir
3.3.8 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim
3.3.9 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Mu’min
3.3.10 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Wakil
3.3.11 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Matin
3.3.12 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Jami’
3.3.13 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-‘Adl
3.3.14 Menunjukkan dalil naqli yang berkaitan dengan makna al-Asma’u al-Husna: al-Akhir
3.3.15 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
3.3.16 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Mu’min dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari,
3.3.17 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Wakil dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
3.3.18 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Matin dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
3.3.19 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Jami’, dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
3.3.20 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-‘Adl dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
3.3.21 Menginterpretasi makna al-Asma’u al-Husna: al-Akhir dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
4.3.1 Merumuskan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, dengan perilaku rela menolong dalam kehidupan sehari-hari
4.3.2 Merumuskan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Mu’min, dengan perilaku menjaga keamanan dalam kehidupan sehari-hari
4.3.3 Merumuskan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Wakil dengan perilaku tawakal dalam kehidupan sehari-hari
4.3.4 Merumuskan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Matin dengan perilaku kokoh pendirian dalam kehidupan sehari-hari
4.3.5 Merumuskan hubunganmakna al-Asma’u al-Husna: al-‘Adl dengan perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari
4.3.6 Mempresentasikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, dengan perilaku rela menolong dalam kehidupan sehari-hari
4.3.7 Mempresentasikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Mu’min, dengan perilaku menjaga keamanan dalam kehidupan sehari-hari
4.3.8 Mempresentasikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Wakil dengan perilaku tawakal dalam kehidupan sehari-hari
4.3.9 Mempresentasikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Matin dengan perilaku kokoh pendirian dalam kehidupan sehari-hari
4.3.10 Mempresentasikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-‘Adl dengan perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari

C. Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Kajian Nilai Lintas Kelompok (Cross Over Groups Discussion of Value) dengan metode Make a Match, Silaturahmi Activities, Picture Commnent, Puisi Acrostic, dan Pantun Bermakna peserta didik dapat menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir, menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil, memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir, dan meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir

Baca juga

RPP Fikih Kelas X Madrasah Aliyah Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas X SMA/MA Revisi 2017
Silabus Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Fikih Kelas 10 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 10 MA Kurikulum 2013


D. Materi Pembelajaran
Fakta:
Dalam berinteraksi manusia harus mengedepankan etika dan moralitas. Dengan menjalin hubungan antara sesama Allah dan manusia dengan cara-cara yang baik, manusia dapat melestarikan kehidupannya untuk masa yang panjang dengan mengenal Asmaul Husna
Meta kognitif :
Beragam cara ditempuh oleh manusia untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yaitu Allah Swt. Cara tersebut ada yang melalui jalan merenung ataun ber-tafakkur atau berżikir.
Prosedur :
Melalui model Discovery Learning, pembelajaran Poster Comment, TGT , mind mapping diharapkan peserta didik memiliki pemahaman tentang sikap kritis dengan ciri-ciri orang-orang berakal sesuai pesan Q.S. Al-Ankabut/29 : 45 dan Q.S. Al-A’raf /7 : 180

E. Metode Pembelajaran
1. Model : Discovery learning
2. Pendekatan : Saintifik learning
3. Metode : Picture Comment,Maind Mapping, Diskusi TGT

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD Projector
2. MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3. Video
4. Plano
5. Spidol
6. Lem
7. Gambar
8. Gunting
9. Bagan
10. Lembar hasil silaturahmi

G. Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI
2. Buku PAI dan Budi Pekerti kelas 10 SMA kurikulum 2013
3. Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
4. Kitab Hadits
5. Internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran:
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja

2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

…………………………               ………………….
NIP/NRK.                                       NIP/NRK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah