RPP Al Quran Hadis Kelas XI MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Al Quran Hadis Kelas XI MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : Alqur’an Hadis
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Perilaku Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 45Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar1.1 Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
2.1 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah Al- Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.
3.1 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
4.1 Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
1.1.1 Meyakini dan menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Alquran dan hadis
2.1.1 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
3.1.1. Membaca QS. al-Isrā’ [17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.1.2. Menyebutkan makna mufradat QS. al-Isrā’ [17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]:13-17; dan hadis tentang perilaku hormat danpatuh kepada orang tua dan guru.
3.1.3. Menjelaskan kandungan QS. al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4.1.1. Menunjukan hafalan QS. Al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Membaca QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
2. Menghafalkan QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3. Menyebutkan makna mufradat QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4. Menjelaskan kandungan QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
5. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
QS. al-Isra’ [17]: 23 – 24
QS. Luqman [31]: 13 – 17
2. Konsep
Kandungan surah Al-Isra’ [17]: 23-24 meliputi:
- Perintah untuk menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya dengan seuatu.
- Perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
- Perintah untuk bertutur kata, bersikap baik dan berperilaku sopan santun kepada orang tua.
- Perintah untuk selalu mendo’akan orang tua.
Kandungan surah Luqman [31]: 13-17 meliputi:
- Perintah untuk mengesakan Allah, tidak menyekutukan-Nya.
- Perintah berbuat baik kepada orang tua terutama kepada ibu.
- Perintah menaati orang tua sepanjang tidak untuk berbuat maksiat dan menyekutukan Allah.
- Perintah untuk berbuat baik.
- Perintah menjalankan salat, amar ma’ruf nahi munkar dan bersabar.
3. Prinsip
Kandungan hadits meliputi perintah untuk senantiasa berbuat baik kepada orang tua, karena nilai kebaikannya sejajar dengan jihad.
Selalu menghormati dan menaati guru sebagaimana menghormati dan menaati orang tua.
4. Prosedur
Menunjukan hafalan QS. Al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Lembar penilaian
6. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
7. Perpustakaan sekolah
8. Gambar/ video/ multimedia interaktif
G. Sumber Belajar
1. Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
2. Buku siswa Qur’an Hadits Kemenag
3. Buku Guru Qur’an Hadits Kemenag
4. Akses Internet yang sesuai kebutuhan
5. Sumber lain yg menunjang
H. Langkah-langkah Pembelajaran
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : Alqur’an Hadis
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Perilaku Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 2 Jam pelajaran @ 45Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar1.1 Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
2.1 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah Al- Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.
3.1 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
4.1 Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru.
Download juga Silabus Al Quran Hadis Kelas XI MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
1.1.1 Meyakini dan menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Alquran dan hadis
2.1.1 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
3.1.1. Membaca QS. al-Isrā’ [17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.1.2. Menyebutkan makna mufradat QS. al-Isrā’ [17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]:13-17; dan hadis tentang perilaku hormat danpatuh kepada orang tua dan guru.
3.1.3. Menjelaskan kandungan QS. al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4.1.1. Menunjukan hafalan QS. Al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Membaca QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
2. Menghafalkan QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3. Menyebutkan makna mufradat QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
4. Menjelaskan kandungan QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
5. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
QS. al-Isra’ [17]: 23 – 24
QS. Luqman [31]: 13 – 17
2. Konsep
Kandungan surah Al-Isra’ [17]: 23-24 meliputi:
- Perintah untuk menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya dengan seuatu.
- Perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.
- Perintah untuk bertutur kata, bersikap baik dan berperilaku sopan santun kepada orang tua.
- Perintah untuk selalu mendo’akan orang tua.
Kandungan surah Luqman [31]: 13-17 meliputi:
- Perintah untuk mengesakan Allah, tidak menyekutukan-Nya.
- Perintah berbuat baik kepada orang tua terutama kepada ibu.
- Perintah menaati orang tua sepanjang tidak untuk berbuat maksiat dan menyekutukan Allah.
- Perintah untuk berbuat baik.
- Perintah menjalankan salat, amar ma’ruf nahi munkar dan bersabar.
3. Prinsip
Kandungan hadits meliputi perintah untuk senantiasa berbuat baik kepada orang tua, karena nilai kebaikannya sejajar dengan jihad.
Selalu menghormati dan menaati guru sebagaimana menghormati dan menaati orang tua.
4. Prosedur
Menunjukan hafalan QS. Al Isrā’[17]: 23 – 24; QS. Luqmān [31]: 13-17; dan hadis tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Download juga RPP Akidah Akhlak Kelas 11 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Lembar penilaian
6. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
7. Perpustakaan sekolah
8. Gambar/ video/ multimedia interaktif
Download juga Silabus Akidah Akhlak Kelas 11 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
G. Sumber Belajar
1. Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
2. Buku siswa Qur’an Hadits Kemenag
3. Buku Guru Qur’an Hadits Kemenag
4. Akses Internet yang sesuai kebutuhan
5. Sumber lain yg menunjang
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
Download juga Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
……………………………… ……………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
- Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
- Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.
……………,16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
……………………………… ……………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Download juga
RPP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 11 MA Revisi 2017
Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Al Quran Hadis Kelas XI MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 dalam bentuk versi file PDF silahkan download filenya di bawah ini.