Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  - Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 semester 1 (ganjil) dan 2 (Genap) yang sudah di kembangkan menjadi tujuh kolom sesuai Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat Madarasah Tsanawiyah (MTs) mengikuti elemen pengorganisasi kompetensi dasar (KD) yang mengacu pada kompetensi inti (KI).

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir berkaitan dengan pola pembelajaran, yaitu: (1) berpusat pada peserta didik; (2) pembelajaran interaktif (interaktif antara guru – peserta didik – masyarakat – lingkungan alam – sumber/media lainnya); (3) pembelajaran dirancang secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi, serta dapat diperoleh melalui internet); (4) pembelajaran bersifat aktif (peserta didik didorong untuk aktif mencari informasi melalui pendekatan saintifik); (5) belajar kelompok (berbasis tim); (6) pembelajaran berbasis multimedia; (7) pembelajaran berbasis pengguna dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik; (8) pola pembelajaran menggunakan ilmu pengetahuan jamak; dan (9) pembelajaran yang mengembangkan pola berpikir kritis.

Download Juga:

Komponen Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 mencakup Kompetensi Dasar, Indikator pencapaian kompetensi, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian dan sumber belajar. Penyusunannya dilakukan dengan prinsip- prinsip sebagai berikut:
a. Keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum
b. Mudah diajarkan/dikelola oleh guru
c. Mudah dipelajari oleh siswa
d. Terukur pencapaiannya
e. Bermakna untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Download juga:

Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Untuk mendapatkan Silabus Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini silahkan download filenya pada lingk yang sudah kami sediakan di akhir artikel. untuk medapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah