RPP Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti - RPP Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Tafsir Dan Ilmu Tafsir
Program : Keagamaan
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti:
KI-1: Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah
KI-2: Mengembangkan akhlak yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru, masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya serta menunjukan sikap partisipatif atas berbagai permasalahan bangsa serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3:Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural tentang al-Qur’an, Hadis, fiqh, akidah, akhlak, dan sejarah Islam dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya dalam memecahkan masalah.
KI-4:Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Download juga Silabus Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Meyakini kebenaran isi al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur
2.1 Menunjukkan prilaku jujur dan adil sesuai kandungan al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105
3.1 Mengidentifikasi tafsir al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur
4.1 Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan sesuai kandungan Al-Qur’an dalam surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Mematuhi kebenaran isi al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur
2.1.1 Menampilkan prilaku jujur dan adil sesuai kandungan al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl
3.1.1 Menjelaskan tafsir al-Qur’an surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil dan jujur
3.1.2 Membaca Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105. Dengan tartil hingga hafal
3.1.3 Mengartikan, memaknai dan menerjemahkan Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.
3.1.4 Memahami kandungan Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105. Lengkap dan sempurna
3.1.5 Memahami arti adil dan jujur dalam Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.
4.1.1 Menjalankan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan sesuai kandungan Al-Qur’an dalam surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 dalam kehidupan sehari-hari
Download juga Silabus PAI & BP Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular

• Membaca Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105. Dengan tartil hingga hafal
• Mengartikan, memaknai dan menerjemahkan Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.
• Memahami kandungan Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105. Lengkap dan sempurna
• Memahami arti adil dan jujur dalam Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.
• Menerapkan prilaku adil dan jujur sesuai Qs al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105 dalam kehidupan sehari-hari
2. Materi pembelajaran remedial
• Membaca dan menghafal Qs. al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105
3. Materi pembelajaran pengayaan
• Memahami kandungan Al-Qur’an tentang berlaku adil dan jujur dalam surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.

D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

E. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran

1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
Download juga Silabus Sejarah Kebudayaan ISlam (SKI) 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
F. Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
2. Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
3. Al-Qur’an dan Terjamahanya
4. Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
5. Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
6. Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran

G. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Spiritual
1) Observasi
Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
2) Jurnal (anecdotal record)
3) Penilaian diri sendiri (self assessment) :
Melatih peserta didik untuk menilai dan mengevaluasi diri sendiri
4) Teman sebaya (peer assessment)
Melatih peserta didik untuk jujur dan obyektif
b. Penilaian Kompetensi Sosial
1) Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
- Kejelasan dan kedalaman informasi
- Keaktifan dalam diskusi
- Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
2) Jurnal
3) Penilaian diri sendiri
4) Teman sebaya
c. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
- Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
d. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menuliskan ayat-ayat yang berisi tentang Berlaku adil dan jujur
2) Portofolio / unjuk kerja
- Membuat paparan tentang Berlaku adil dan jujur
- Membuat paparan analisis dan identifikasi tentang Berlaku adil dan jujur
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Terlampir
Download juga RPP Fikih 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Membaca dan menghafal Qs. al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105
  • Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh Bapak/Ibu pendidik materi tentang “Berlaku adil dan jujur”. Bapak/ Ibu pendidik akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Memahami kandungan Al-Qur’an tentang berlaku adil dan jujur dalam surah al-Maaidah: 8-10; surah an-Nahl:90-92; surah an-Nisaa’: 105.
  • Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan oleh Bapak/Ibu pendidik berupa pertanyaan-pertanyaan tentang Berlaku adil dan jujur (Bapak/Ibu pendidik mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Untik mendapatkan RPP Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini
Download juga Silabus AL-Quran Hadis Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 
Download juga RPP AL-Quran Hadis Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download juga Silabus Bahasa Arab Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017  
Download juga RPP Akidah Akhlak Kelas 12 MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah