RPP Fikih Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Fikih Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti - RPP Fikih Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : MTs
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas/Semester : IX/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok :Akad Pinjam Meminjam
Alokasi Waktu :4 JP (2 pertemuan)


A. Kompetensi Inti

KI-1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Download juga silabus Fikih kelas IX MTS K13 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menghayati hikmah ketentuan pinjam meminjam
2.1 Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan pinjam-meminjam
3.1 Memahami ketentuan pinjam- meminjam.
4.1 Mendemonstrasikan pelaksanaan pinjam-meminjam.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Hikmah pinjam meminjam
2.1.1 Bersikap peduli dalam pinjam meminjam
3.1.1 Menjelaskan pengertian pinjam meminjam
3.1.2 Menjelaskan hukum pinjam meminjam
3.1.3 Mengidentifikasi dalil-dalil dalam pinjam meminjam
3.1.4 Menjelaskan syarat dan rukun pinjam meminjam
3.1.5 Menjelaskan manfaat dan hikmah pinjam meminjam
4.1.1 Mempraktikan tata cara pelaksanaan pinjam-meminjam

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah dan selama proses pemebelajaran peserta didik diharapkan mampu:Membimbing penghayatan ketentuan pinjam meminjam,Membiasakan sikap peduli terhadap yang di sekitar kita,Melakukan pinjam-meminjam sesuai syar’I yang telah ditetapkan. Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga silabus Bahasa Arab kelas IX MTS K13 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Q.S Al-Maidah 2
2. Konsep
• Memahami ketentuan pinjam- meminjam
• Mendemonstrasikan pelaksanaan pinjam-meminjam
3. Prinsip
• Menghayati hikmah ketentuan pinjam meminjam
• Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman tentang ketentuan pinjam-meminjam
4. Prosedur
• Mendemonstrasikan pelaksanaan pinjam-meminjam
• Mempraktikan tata cara pelaksanaan pinjam-meminjam

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Al-Qur’an dan Terjamahanya
2. Buku Pegangan Mapel Fikih MTs kela IX
3. Buku penunjang lainnya yang relevan
4. Internet
5. Media cetak dan Elektronik sesuai materi
6. Lingkungan sekitar yang mendukung
Download juga RPP Bahasa Arab kelas IX MTS K13 Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
  • Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
  • Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.
Download juga Perangkat Pembelajaran Akidah Akhlak kelas IX MTS K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Fikih Kelas IX MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Fikih Kelas IX MTS revisi 2017 silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah