RPP Fikih Kelas III MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Fikih Kelas III MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
Pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com - RPP MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Fikih Kelas III MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasyah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Fikih
Kelas /Semester : III/Ganjil
Materi Pokok : Shalat Sunah Pahala Melimpah
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghayati nilai-nilai dalam shalat sunnah rawatib.
2.1 Membiasakan perilaku rajin ibadah sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan sunnah rawatib
3.1 Memahami ketentuan shalat sunnah rawatib.
4.1 Mempratikkan tata cara shalat rawatib
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Meyakini nilai-nilai dalam shalat sunnah rawatib.
2.1.1 Terbiasa berperilaku rajin ibadah sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan sunnah rawatib
3.1.1 Menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib.
3.1.2 Menyebutkan jenis shalat sunnah rawatib dan bilangan rakaatnya.
3.1.3 Menyebutkan hikmah shalat sunnah rawatib.
4.1.1 Melafalkan niat shalat sunnah rawatib.
4.1.2 Mempraktikkan shalat sunnah rawatib.
Download juga Silabus Fikih Kelas III MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
• Menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib.
• Menyebutkan jenis shalat sunnah rawatib dan bilangan rakaatnya.
• Melafalkan niat shalat sunnah rawatib.
• Menyebutkan hikmah shalat sunnah rawatib.
• Mempraktikkan shalat sunnah rawatib.
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Shalat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum shalat fardhu disebut qabliyyah dan yang dikerjakan sesudahnya dinamakan ba’diyyah.
2. Konsep
• Shalat sunanh rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan mengikuti shalat fardhu.
3. Prinsip
• Shalat sunnah rawatib yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan disebut shalat sunnah rawatib muakkad. Sedangkan yang kurang dianjurkan untuk dikerjakan dinamakan shalat sunnah rawatib ghairu muakkad.
4. Prosedur
• Shalat sunnah rawatib dikerjakan secara munfarid (sendiri-sendiri), bacaannya tidak dinyaringkan, dan sebaiknya tempat mengerjakannya bergeser sedikit dari tempat mengerjakan shalat fardhu.
Download juga Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas III SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Buku Mata Pelajaran Fikih MI Kelas III
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Download juga Buku Fikih Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum bisa mempraktikkan shalat sunnah rawatib dengan benar. Guru menjelaskan kembali dan membimbing siswa untuk bisa mempraktikkan shalat sunnah rawatib dengan benar.
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Guru tanya jawab dengan siswa untuk menggali informasi, konfirmasi dan mendemonstrasikan tata cara shalat sunnah rawatib.
Download juga RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) Kelas 3 SD/MI Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Fikih Kelas III MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.