RPP Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com - RPP Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasyah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak
Kelas /Semester : V /Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kebesaran Allah SWT. melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
2.1 Terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai ketentuan syar’i.
3.1 Memahami Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
4.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menunjukkan keyakinan akan kebesaran Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
2.1.1 Membiasakan diri membaca kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai ketentuan syar’i.
3.1.1 Memahami makna kalimat Thayyibah (al-hamdulillah).
3.1.2 Memahami waktu pengucapan kalimat thayyibah (al-hamdulillah).
3.1.3 Memahami makna kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
3.1.4 Memahami waktu pengucapan kalimat thayyibah (Allahu Akbar).
4.1.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah).
4.1.2 Melafalkan kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
• Memahami makna kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Mengetahui waktu pengucapan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Mengetahui hikmah kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Kenikmatan dari Allah yang sangat banyak itu harus disyukuri. Salah satu cara bersyukur adalah dengan mengucapkan kallimat Alhamdulillah.
• Kalimat Thayyibah (Allahu Akbar) diucapkan untuk mengakui kebesaran Allah SWT
2. Konsep
• Makna kalimat thayyibah (al-hamdulillah).
• Makna kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
3. Prinsip
• Hikmah kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
4. Prosedur
• Mengucapkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai dengan waktu pengucapannya
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku Mata Pelajaran Aqidah Ahlak MI Kelas V
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). silahkan unduh filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan cara mengunjungi halaman disini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Madrasyah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak
Kelas /Semester : V /Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kebesaran Allah SWT. melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
2.1 Terbiasa membaca kalimat Thayyibah(al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai ketentuan syar’i.
3.1 Memahami Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
4.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menunjukkan keyakinan akan kebesaran Allah SWT melalui kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
2.1.1 Membiasakan diri membaca kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai ketentuan syar’i.
3.1.1 Memahami makna kalimat Thayyibah (al-hamdulillah).
3.1.2 Memahami waktu pengucapan kalimat thayyibah (al-hamdulillah).
3.1.3 Memahami makna kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
3.1.4 Memahami waktu pengucapan kalimat thayyibah (Allahu Akbar).
4.1.1 Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah).
4.1.2 Melafalkan kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
• Memahami makna kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Melafalkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Mengetahui waktu pengucapan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar).
• Mengetahui hikmah kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Kenikmatan dari Allah yang sangat banyak itu harus disyukuri. Salah satu cara bersyukur adalah dengan mengucapkan kallimat Alhamdulillah.
• Kalimat Thayyibah (Allahu Akbar) diucapkan untuk mengakui kebesaran Allah SWT
2. Konsep
• Makna kalimat thayyibah (al-hamdulillah).
• Makna kalimat Thayyibah (Allahu Akbar).
3. Prinsip
• Hikmah kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar)
4. Prosedur
• Mengucapkan kalimat Thayyibah (al-hamdulillah dan Allahu Akbar) sesuai dengan waktu pengucapannya
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Buku Mata Pelajaran Aqidah Ahlak MI Kelas V
2. Modul/bahan ajar,
3. Internet,
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP Akidah Akhlak Kelas V MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). silahkan unduh filenya di bawah ini. atau bisa juga dengan cara mengunjungi halaman disini.