RPP Al - Quran Hadis Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) K13 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com
RPP Al - Quran Hadis Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) K13 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tema : Al-Qur’an Kitabku
Tahun Pelajaran : 2018 / 2019
Alokasi Waktu : 4x 45 Menit


A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
2.1 Menunjukkan sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an.
3.1 Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’
4.1 Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan para ulama.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Peserta didik meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya
2.1.1 Peserta didik terbiasa sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1.1. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an.
3.1.2. Mendeskripsikan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin.
3.1.3. Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaakhkhirin.
3.1.4. Membandingkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin dan ulama’ mutaakhkhirin.
4.1.1. Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’


C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya.
2. Terbiasa sikap berpegang teguh dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an.
4. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an.
5. Mendeskripsikan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaqaddimin.
6. Menerangkan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’ mutaakhkhirin.
7. Membandingkan pengertian Al-Qur’an.
8. Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
• Para ulama dalam bidang ilmu al-Qur’an telah mendenisikan al-Qur’an menurut pemahaman mereka masing-masing, baik secara etimologi maupun terminologi. Secara etimologi para ulama berbeda pendapat dalam mendenisikan alQur’an.
2. Konsep
• Menurut As-Suyui dalam kitab al-Itqanfi'ulum al-Qur'an menyebutkan bahwa al-Qur’an mempunyai 55 nama. Bahkan dalam ( Ensiklopedi Islam untuk Pelajar ), disebutkan ada 78 nama-nama bagi kitab suci al-Qur’an. Namun, jika diperhatikan dan dicermati lebih lanjut berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an secara redaksional, maka akan didapatkan beberapa nama saja, yang lainnya bukanlah nama melainkan hanya sifat, fungsi atau indikator al-Qur’an.


3. Prinsip
• Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang pertama. Setiap muslim berkewajiban untuk berpegang teguh kepada hukum-hukum yang terdapat di dalamnya agar menjadi manusia yang taat kepada Allah Swt., yaitu mengikuti segala perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangnannya.
• Al-Qur’an memuat berbagai pedoman dasar bagi kehidupan umat manusia. Kita sebagai seorang Muslim harus meyakini tuntunan yang berkaitan dengan keimanan/akidah, yaitu ketetapan yang berkaitan dengan iman kepada Allah Swt., Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, Hari akhir, serta Qadha dan Qadar. Sebagai seseorang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus memiliki budi pekerti yang luhur karena al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan akhlak, yaitu ajaran agar orang Muslim memilki budi pekerti yang baik serta etika kehidupan.
• Sebagai seorang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus melaksanakan ibadah karena al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan ibadah, yakni shalat, puasa, zakat dan haji. Sebagai seorang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus bergaul dengan sesama dengan baik sebab al-Qur’an berisi tuntunan yang berkaitan dengan amal perbuatan manusia dalam masyarakat.
4. Prosedur
• Mempresentasikan simpulan pengertian Al-Qur’an menurut ulama’


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab,Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Alat dan bahan

G. Sumber Belajar
1. Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
2. Buku siswa Qur’an Hadits Kemenag
3. Buku Guru Qur’an Hadits Kemenag
4. Gambar/ video/ multimedia interaktif
5. Akses Internet yang sesuai kebutuhan
6. Sumber lain yg menunjang


H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Pendahuluan/Kegiatan Awal
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
- Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk, 

2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
- Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.


b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
- Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.

Untuk mendapatkan RPP Al - Quran Hadis Kelas 10 Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah