RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017


Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti - RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP N/S
Mata Pelajaran : PAI & BP
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya
Alokasi Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.
2.3 Menunjukan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi dari makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
3.3 Memahami makna al-Asma'u al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’dan al-Ba£ir.
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma'u al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.3.1 Mengimani bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.
2.3.1 Memiliki prilaku percaya diri tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi dari makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
2.3.2 Menganalisis dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah swt.
2.3.3 Menjelaskan pengertian al-Asm±‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabi³r, as-Sam’,
dan al-Ba£r),
2.3.4 Menjelaskan makna al-Asma‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Ba£ir )
4.3.1 Menganalisis perilaku beriman kepada Allah swt.
4.3.2 Melaksanakan perintah Allah swt atas dasar iman kepada Allah swt.
4.3.3 Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, alBasir

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
• Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah swt.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
• Menyebutkan pengertian al-Asma‘u al-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
• Menjelaskan makna al-Asma‘u al-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).
• Mengidentifikasi perilaku beriman kepada Allah swt.
• Melaksanakan perintah Allah swt atas dasar iman kepada Allah swt.
• Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-Husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).
Download juga RPP Fikih kelas VII MTS Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
• Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya
- Iman Kepada Allah Swt.
- Makna al-Asmau al-husna
- Al-‘Alim
- Al- Khabir
- As-Sami’
- Al-Ba£ir
- Hikmah Beriman kepada Allah Swt
2. Materi pembelajaran pengayaan
- Macam-macam sifat wajib bagi Allah
- 99 Nama Allah dalam Asmau-Alhusna

3. Materi pembelajaran remedial
- Hikmah Beriman kepada Allah Swt
- Makna al-Asmau al-husna

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, Ceramah, Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang

G. Sumber Belajar
1. Al-Quran
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
Download juga Silabus Fikih kelas VII MTS Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian:
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman

b. Pengetahuan
1) Ter tertulis

c. Keterampilan
1) Kinerja
2. Instrumen Penilaian:
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Hikmah Beriman kepada Allah Swt
  • Makna al-Asmau al-husna
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • 99 Nama Allah dalam Asmau-Alhusna


Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah