RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi pekerti - RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP/MTS
Mata Pelajaran : PAI & BP
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Rendah Hati, Hemat Dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama.
2.1 Menunjukkan perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait.
3.1 Memahami Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan Hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana.
4.1.1. MembacaQ.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan tartil.
4.1.2. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.1.3. Menyajikan keterkaitan rendah hati, hemat, dan hidup sederhana dengan pesan Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menunjukan sikap dan perilaku rendah hati, hemat dan hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1 Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait.
2.1.2 Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait.

4.1.1.1 Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
4.1.1.2 Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
4.1.2.1 Menghafal Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 secara bertahap.
4.1.3.1 Mendemonstrasikan hafalan arti Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 dengan lancar
Download juga RPP Fikih Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembekajaran :
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan pendekatan Scientific Learning dipadukan dengan metode diskusi dan penugasan peserta didik diharapkan :
1. Menyebutkan arti Q.S. al- Furqan /25:63 dan Q.S. al-Isra’/17: 27 serta hadis rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar.
2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 serta hadis rendah hati, hemat dan hidup sederhana dengan benar.
3. Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah dalam Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 dengan benar.
4. Mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17: 27dengan tartil.
5. Mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17: 27 dengan dengan lancar.
6. Menampilkan contoh perilaku rendah hati, hemat dan hidup sederhan sebagai implementasi Q.S. al-Furqan/25:63 dan Q.S. al-Isra’/17:27 sertahadis terkait dengan benar.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27
2. Konsep
• Rendah hati disebut juga dengan tawadu. Pengertian tawadu adalah sikap diri yang tidak merasa lebih dari orang lain.
3. Prinsip
• Orang yang bertawadu berkeyakinan bahwa semua kelebihan yang ada dalam dirinya semata-mata merupakan karunia Allah Swt.
4. Prosedur
• Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
• Menghafal Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 secara bertahap.
• Mendemonstrasikan hafalan arti Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63 dan Al-Isra’(17): 27 dengan lancar
Download juga Silabus Fikih Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Diskusi, Ceramah, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LCD projector,
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
5. Laboratorium komputer sekolah atau warnet
6. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Al-Qur’an
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Penddikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Penddikan Agama Islam.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Modul/bahan ajar,
5. internet,
6. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

Download juga RPP Al Quran Hadis Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
1. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
  • Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
  • Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.
Download juga Silabus AL Quran Hadis Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan unduh filenya di bawah ini. untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah