Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Semester Genap Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Semester Genap Kurikulum 2013
Akidah Akhlak kelas VIII MTs

Alhamdulillah was syukru lillah, bagi Allah Swt. segala puji yang memiliki kesempurnaan segalanya. Kita memuji dan memohon pertolongan, ampunan, dan berlindung kepada-Nya, untuk menuju kebahagiaan yang amat dirindukan, kebahagiaan yang tiada kekal dan yang kekal. Dengan rahmat, hidayah, inayah, dan pertolongan-Nya, buku Aqidah Akhlaq ini dapat tersusun.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan, dibumi Indonesia seolah-olah akhlak menjadi barang langka disebabkan degradasi moral bangsa.

Dengan kemunculan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara sikap, pengetahuan dan keterampilan, selain itu, Peserta Didik tidak hanya diharapkan bertambahan pengetahuan dan wawasan dan memiliki sikap yang baik, juga meningkatkan kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau berbudi pekerti yang agung.

Buku Meneladani Akhlak ini ditulis dengan semangat jihad fi sabilillah. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha untuk memahami pengetahuan agama dan mengaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan pedoman keagamaan, baik dalam bentuk ibadah maghdhah (ritual) maupun ghoiru mahdhah (sosial).

Peran guru sangat vital untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan kesediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Uraian di atas merupakan kata pengantar dalam buku Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Kurikulum 2013. Dan yang akan saya share pada kesempatan kali ini adalah Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 semester genap yang sesuai dengan Buku Guru Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs dan Buku Siswa Aqidah Akhlak Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Kementrian Agama Republik Indonesia

Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 ini terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS, Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi pembelajaran, Format Penentuan KKM, Program semester, Analisis Alokasi waktu, program tahunan dengan materi sebagai berikut

Semester II (Genap)
RPP BAB 1 IMAN KEPADA RASUL
RPP BAB 2 MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA DI LUAR MUKJIZAT
RPP BAB 3 HUSNUZH-ZHAN, TAWAADHU’, TASAAMUH, DAN TA’AAWUN
RPP BAB 4 HASAD, DENDAM, GHIBAH, FITNAH, DAN NAMIIMAH
RPP BAB 5 ADAB KEPADA SAUDARA DAN TEMAN
RPP BAB 6 KETELADANAN SAHABAT ABU BAKAR RA

Kami menyadari bahwa segala kekurangan dan kekhilafan dalam metodologi maupun substansi. Oleh sebab itu, sumbangsih saran dan kritik yang konstruktif selalu diharapkan untuk perbaikan penyusunan Perangkat Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Kurikulum 2013 ini. selanjutnya, Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah