Silabus Tafsir (Peminatan Keagamaan) Kelas XI MA

Silabus Tafsir (Peminatan Keagamaan) Kelas XI MA

Bagi para rekan guru yang sedang mencari perangkat ajar atau silabus Tafsir (Peminatan keagamaan) kelas XI MA yang sesuia dengan KMA 183 silahkan download filenya pada akhir artikel ini.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum mendownload silabus ilmu tafsir kelas XI MA ini, Berikut  kami sajikan kompetensi inti dan Kompetensi dasarnya.

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agarna yang dianutnya

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)

Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar Semester Ganjil
1.1    Mengamalkan nilai-nilai toleransi dan beretika dalam pergaulan sebagaimana Al Qur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi (18):29; QS. Al-Kafirun (109):1-6;   QS. Al-Mujadilah (58):11; QS. Ali ‘Imran (3):103;  QS. Al-Ḥujurat (49):10-13
2.1    Menunjukkan sikap toleran sebagai implementasi dari pemahaman Al Qur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi  (18):29; QS. Al-Kafirun  (109):1-6; QS. Al-Mujadilah (58):11;  QS. Ali ‘Imran (3):103;  QS. Al-Ḥujurat (49):10-13
3.1    Menganalisis secara faktual ayat-ayat AlQur`an tentang  toleransi dan etika  pergaulan  sebagaimana AlQur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi (18):29;   QS. Al-Kafirun (109):1-6; QS. Al-Mujadilah (58):11;  QS. Ali ‘Imran (3):103; QS. Al-Ḥujurat (49):10-13.
4.1.1    Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang  toleransi dan etika dalam  pergaulan  
4.1.2    Mengorganisasi fakta sosial tentang sikap toleransi dalam kehidupan ber Bhinneka Tungal Eka untuk menjaga NKRI

1.2  Menghayati perintah Allah dengan berlaku santun sesuai ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Baqarah  (2): 83;   QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41):34
2.2  Menunjukkan sikap santun dalam menjalin pergaulan serta mampu menghindari pergaulan bebas sebagai wujud implementasi dari pemahaman ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Baqarah (2): 83; QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41): 34  
3.2  Menganalisis ayat-ayat AlQur`an tentang  kesantunan sebagaimana: QS. Al-Baqarah (2): 83; QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41): 34
4.2.1  Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayatayat Al-Qur`an tentang berperilaku santun  
4.2.2  Mengorganisasi fakta kesantunan dan ketidaksantunan yang terjadi di masyarakat dan menyajikannya dalam bentuk tulisan maupun media lainnya

1.3  Menghayati ayatayat tentang  menghindari pergaulan bebas sesuai Al-Qur`an: QS. Al-Isra’(17):32; QS. Al-An’am (6):70
2.3  Memiliki kemampuan untuk menghindari pergaulan bebas sebagai wujud implementasi dari pemahaman ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Isra’ (17):32; QS. Al-An’am (6):70
3.3  Menganalisis ayat- ayat Al-Qur`an tentang menghindari pergaulan bebas sebagaimana AlQur`an: QS. Al-Isra’ (17):32; QS. Al-An’am (6):70 melalui pendekatan tafsir tahlili, ijmali dan ahkam
4.3.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat- ayat AlQur`an tentang menghindari pergaulan bebas  
4.3.1 Menyajikan keterkaitan ayat- ayat Al- Qur`an tentang menghindari pergaulan bebas dengan fenomena sosial

1.4  Mengamalkan ayat-ayat tentang melestarikan lingkungan hidup sebagaimana: QS. Ar-Rum (30):41-42; QS. Al-A‘raf (7):56; QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan (25):45-50; QS. Al-Baqarah  (2):204-206   
2.4  Menunjukkan sikap peduli dan tanggungjawab untuk melestarikan lingkungan hidup sebagai implementasi dari kandungan: QS. Ar-Rum (30):41-42;  QS. Al-A‘raf (7):56;  QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan (25):45-50; QS. Al-Baqarah (2):204-206  
3.4  Menganalisis ayatayat Al-Qur`an tentang  melestarikan lingkungan hidup sebagaimana: QS. Ar-Rum (30):41-42; QS. Al-A‘raf (7):56;  QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan  (25):45-50; QS. Al-Baqarah (2):204-206 melalui pendekatan tafsir tahlili, ijmali atau  muqaron
4.4.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang melestarikan lingkungan hidup  
4.4.2  Menyajikan laporan hasil perlakuan terhadap lingkungan hidup  

Kompetensi Dasar Semester genap

1.5   Mengamalkan ayat-ayat tentang mencintai kedamaian sebagaimana dalam:  QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126;  QS. Aá¹­-Ṭalaq (65):2
2.5  Bertanggungjawab dan peduli  terhadap ayatayat tentang  mencintai  kedamaian  sebagai wujud implementasi: QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126;  QS. Aá¹­-Ṭalaq (65):2
3.5  Menganalisis  secara faktual mengenai ayat ayat tentang  mencintai  kedamaian  sebagaimana yang  terkandung dalam: QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126;  QS. Aá¹­-Ṭalaq (65):2   
4.5.1  Mendemonstrasikan hafalan  dan terjemahan  ayat-ayat AlQur`an tentang  mencintai  kedamaian  
4.5.2  Menyajikan keterkaitan ayatayat Al-Qur`an  tentang mencintai kedamaian  dengan fenomena sosial yang multikultural  

1.6   Mengamalkan  perintah musyawarah sebagaimana Al Qur`an:  QS. Ali ‘Imran  (3):159;  QS. Asy-Syura  (42):38    
2.6  Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain sebagai implementasi dari kandungan ayat Al-Qur`an tentang musyawarah sebagaimana: QS. Ali ‘Imran (3):159; QS. Asy-Syura (42):38
3.6  Menerapkan secara prosedural tentang perintah musyawarah sebagaimana: QS. Ali ‘Imran (3):159; QS. Asy-Syura (42):38  
4.6.1 Mendemonstrasikan hafalan  dan terjemahan  ayat-ayat AlQur`an tentang  musyawarah  dan demokrasi  
4.6.2  Mendemonstrasikan praktek  musyawarah  sebagai pilar  berdemokrasi  dalam mengambil mufakat   

1.7  Menghayati  nilai- nilai amanah dalam kepemimpinan  sesuai kandungan: QS. Ali ‘Imran (3):26;   QS. An-Nisa’ (4):58-59;   QS. Al-Baqarah (2):247    
2.7  Selalu sikap amanah dalam menjalankan kepemimpinan sebagai implementasi dari memahami kandungan: QS. Ali ‘Imran (3):26; QS. An-Nisa’ (4):58-59; QS. Al-Baqarah (2):247  
3.7  Menganalisis ayatayat Al-Qur`an  tentang  amanah  dalam  menjalankan  kepemimpinan  pada: QS. Ali ‘Imran  (3):26;   QS. An-Nisa’ (4):58-59;   QS. Al-Baqarah (2):247   
4.7.1 Mendemonstrasikan hafalan  dan terjemahan  ayat-ayat AlQur`an tentang  amanah dalam  kepemimpinan  
4.7.2  Menyajikan keterkaitan ayat-ayat AlQur`an tentang  amanah dalam  kepemimpinan  dengan  fenomena sosial    

1.8  Mengamalkan perintah Allah untuk berlaku adildan jujur sesuai kandungan: QS. Al-Maidah (5):8-10;  QS. An-Naḥl (16):90-92;  QS. An-Nisa’ (4):105    
2.8  Menunjukan perilaku bertanggungjawab dan jujur  dalam segala  situasi sebagai  bentuk  implementasi:  QS. Al-Maidah  (5):8-10;   QS. An-Naḥl  (16):90-92; QS. An-Nisa’  (4):105
3.8  Mengidentifikasi ayat-ayat Al Qur`an tentang  sikap berlaku adildan jujur  sebagaimana:  QS. Al-Maidah  (5):8-10;  QS. An-Naḥl  (16):90-92; QS. An-Nisa’  (4):105
4.8.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayatayat Al-Qur`an  tentang sikap  adil dan jujur   
4.8.2  Menyajikan secara mandiri terhadap contoh-contoh sikap adil dan  jujur sebagaimana  ayat-ayat  Al-Qur`an  melalui lisan,  tulisan dan  media lainnya   

Pesan Perangkat pembelajaran lengkapnya di: 081350504500

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah