Silabus Tafsir (Peminatan Keagamaan) Kelas XI MA
Bagi para rekan guru yang sedang mencari perangkat ajar atau silabus Tafsir (Peminatan keagamaan) kelas XI MA yang sesuia dengan KMA 183 silahkan download filenya pada akhir artikel ini.
Sebagai bahan pertimbangan sebelum mendownload silabus ilmu tafsir kelas XI MA ini, Berikut kami sajikan kompetensi inti dan Kompetensi dasarnya.
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agarna yang dianutnya
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar Semester Ganjil
1.1 Mengamalkan nilai-nilai toleransi dan beretika dalam pergaulan sebagaimana Al Qur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi (18):29; QS. Al-Kafirun (109):1-6; QS. Al-Mujadilah (58):11; QS. Ali ‘Imran (3):103; QS. Al-Ḥujurat (49):10-13
2.1 Menunjukkan sikap toleran sebagai implementasi dari pemahaman Al Qur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi (18):29; QS. Al-Kafirun (109):1-6; QS. Al-Mujadilah (58):11; QS. Ali ‘Imran (3):103; QS. Al-Ḥujurat (49):10-13
3.1 Menganalisis secara faktual ayat-ayat AlQur`an tentang toleransi dan etika pergaulan sebagaimana AlQur`an: QS. Yunus (10):40-41; QS. Al-Kahfi (18):29; QS. Al-Kafirun (109):1-6; QS. Al-Mujadilah (58):11; QS. Ali ‘Imran (3):103; QS. Al-Ḥujurat (49):10-13.
4.1.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang toleransi dan etika dalam pergaulan
4.1.2 Mengorganisasi fakta sosial tentang sikap toleransi dalam kehidupan ber Bhinneka Tungal Eka untuk menjaga NKRI
1.2 Menghayati perintah Allah dengan berlaku santun sesuai ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Baqarah (2): 83; QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41):34
2.2 Menunjukkan sikap santun dalam menjalin pergaulan serta mampu menghindari pergaulan bebas sebagai wujud implementasi dari pemahaman ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Baqarah (2): 83; QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41): 34
3.2 Menganalisis ayat-ayat AlQur`an tentang kesantunan sebagaimana: QS. Al-Baqarah (2): 83; QS. Al-Furqan (25): 63; QS. Fuṣṣilat (41): 34
4.2.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayatayat Al-Qur`an tentang berperilaku santun
4.2.2 Mengorganisasi fakta kesantunan dan ketidaksantunan yang terjadi di masyarakat dan menyajikannya dalam bentuk tulisan maupun media lainnya
1.3 Menghayati ayatayat tentang menghindari pergaulan bebas sesuai Al-Qur`an: QS. Al-Isra’(17):32; QS. Al-An’am (6):70
2.3 Memiliki kemampuan untuk menghindari pergaulan bebas sebagai wujud implementasi dari pemahaman ayatayat Al-Qur`an: QS. Al-Isra’ (17):32; QS. Al-An’am (6):70
3.3 Menganalisis ayat- ayat Al-Qur`an tentang menghindari pergaulan bebas sebagaimana AlQur`an: QS. Al-Isra’ (17):32; QS. Al-An’am (6):70 melalui pendekatan tafsir tahlili, ijmali dan ahkam
4.3.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat- ayat AlQur`an tentang menghindari pergaulan bebas
4.3.1 Menyajikan keterkaitan ayat- ayat Al- Qur`an tentang menghindari pergaulan bebas dengan fenomena sosial
1.4 Mengamalkan ayat-ayat tentang melestarikan lingkungan hidup sebagaimana: QS. Ar-Rum (30):41-42; QS. Al-A‘raf (7):56; QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan (25):45-50; QS. Al-Baqarah (2):204-206
2.4 Menunjukkan sikap peduli dan tanggungjawab untuk melestarikan lingkungan hidup sebagai implementasi dari kandungan: QS. Ar-Rum (30):41-42; QS. Al-A‘raf (7):56; QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan (25):45-50; QS. Al-Baqarah (2):204-206
3.4 Menganalisis ayatayat Al-Qur`an tentang melestarikan lingkungan hidup sebagaimana: QS. Ar-Rum (30):41-42; QS. Al-A‘raf (7):56; QS. á¹¢ad (38):2728; QS. Al-Furqan (25):45-50; QS. Al-Baqarah (2):204-206 melalui pendekatan tafsir tahlili, ijmali atau muqaron
4.4.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang melestarikan lingkungan hidup
4.4.2 Menyajikan laporan hasil perlakuan terhadap lingkungan hidup
Kompetensi Dasar Semester genap
1.5 Mengamalkan ayat-ayat tentang mencintai kedamaian sebagaimana dalam: QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126; QS. Aá¹-Ṭalaq (65):2
2.5 Bertanggungjawab dan peduli terhadap ayatayat tentang mencintai kedamaian sebagai wujud implementasi: QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126; QS. Aá¹-Ṭalaq (65):2
3.5 Menganalisis secara faktual mengenai ayat ayat tentang mencintai kedamaian sebagaimana yang terkandung dalam: QS. Al-Ḥujurat (49):9; QS. Al-A‘raf (7):199; QS. An-Naḥl (16):126; QS. Aá¹-Ṭalaq (65):2
4.5.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang mencintai kedamaian
4.5.2 Menyajikan keterkaitan ayatayat Al-Qur`an tentang mencintai kedamaian dengan fenomena sosial yang multikultural
1.6 Mengamalkan perintah musyawarah sebagaimana Al Qur`an: QS. Ali ‘Imran (3):159; QS. Asy-Syura (42):38
2.6 Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain sebagai implementasi dari kandungan ayat Al-Qur`an tentang musyawarah sebagaimana: QS. Ali ‘Imran (3):159; QS. Asy-Syura (42):38
3.6 Menerapkan secara prosedural tentang perintah musyawarah sebagaimana: QS. Ali ‘Imran (3):159; QS. Asy-Syura (42):38
4.6.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang musyawarah dan demokrasi
4.6.2 Mendemonstrasikan praktek musyawarah sebagai pilar berdemokrasi dalam mengambil mufakat
1.7 Menghayati nilai- nilai amanah dalam kepemimpinan sesuai kandungan: QS. Ali ‘Imran (3):26; QS. An-Nisa’ (4):58-59; QS. Al-Baqarah (2):247
2.7 Selalu sikap amanah dalam menjalankan kepemimpinan sebagai implementasi dari memahami kandungan: QS. Ali ‘Imran (3):26; QS. An-Nisa’ (4):58-59; QS. Al-Baqarah (2):247
3.7 Menganalisis ayatayat Al-Qur`an tentang amanah dalam menjalankan kepemimpinan pada: QS. Ali ‘Imran (3):26; QS. An-Nisa’ (4):58-59; QS. Al-Baqarah (2):247
4.7.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat AlQur`an tentang amanah dalam kepemimpinan
4.7.2 Menyajikan keterkaitan ayat-ayat AlQur`an tentang amanah dalam kepemimpinan dengan fenomena sosial
1.8 Mengamalkan perintah Allah untuk berlaku adildan jujur sesuai kandungan: QS. Al-Maidah (5):8-10; QS. An-Naḥl (16):90-92; QS. An-Nisa’ (4):105
2.8 Menunjukan perilaku bertanggungjawab dan jujur dalam segala situasi sebagai bentuk implementasi: QS. Al-Maidah (5):8-10; QS. An-Naḥl (16):90-92; QS. An-Nisa’ (4):105
3.8 Mengidentifikasi ayat-ayat Al Qur`an tentang sikap berlaku adildan jujur sebagaimana: QS. Al-Maidah (5):8-10; QS. An-Naḥl (16):90-92; QS. An-Nisa’ (4):105
4.8.1 Mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayatayat Al-Qur`an tentang sikap adil dan jujur
4.8.2 Menyajikan secara mandiri terhadap contoh-contoh sikap adil dan jujur sebagaimana ayat-ayat Al-Qur`an melalui lisan, tulisan dan media lainnya
Pesan Perangkat pembelajaran lengkapnya di: 081350504500