Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas X Fase E Kurikulum Merdeka
Peralihan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka memang membuat para rekan guru sedikit kesulitan dalam menyiapkan administrasi guru, tapi tidak usah khawatir kami hadir memberi solusi terkait penyusunan administrasi sekolah para rekan guru terutama dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka.
Sebagai bentuk komitmen hari ini kami akan berbagi mengenai Modul Ajar Mata pelajaran Akidah AKhlak Kelas X Fase E kurikulum merdeka Revisi 2022. Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum bapak/ibu guru memesan Modul Ajar Akidah Akhlak kelas X Fase E.
Pada akhir Fase E, dalam elemen akidah, peserta didik mampu menganalisis sifat wajib dan mustahil bagi Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma'ani, dan ma'nawiyah) dan sifat-sifat jaiz Allah Swt., asma' al-Husna, Islam wasathiyah (moderat) dan Islam radikal. Pada elemen akhlak, peserta didik membiasakan akhlak terpuji (taubat, hikmah, iffah, syaja'ah dan adalah); dan menghindari akhlak tercela (hubbuddunya, hasad, ujub, sombong, riya' dan sifat-sifat turunannya, nafsu syahwat, licik, tamak, zhalim, dan diskriminatif, ghadlab); serta cara menundukkannya melalui mujahadah, riyadlah, dan tazkiyatun nufus. Pada elemen adab peserta didik mampu menganalisis dan membiasakan adab mengunjungi orang sakit, berbakti kepada orang tua dan guru berdasarkan dalil dan pendapat ulama. Dalam elemen kisah teladan, peserta didik mampu menganalisis dan mengambil ibrah dari kisah Nabi Luth a.s. dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Akidah : Peserta didik mampu menganalisis sifat wajib, mustahil Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma'ani, dan ma'nawiyah) dan sifat jaiz Allah Swt., asma' al-husna (al- Karim, al-Mu'min, al-Wakiil, al- Matiin, al- Jaami, al-Hafiz, al-Rofi', al-Wahhab, al- Rakib, al-Mubdi, al-Muhyi, al-Hayyu, al- Qoyyum, al-Akhir, al-Mujib, dan al- Awwal, dan nama lainnya), serta pemahaman Islam wasathiyah (moderat) sebagai upaya membentuk sikap moderasi beragama dalam akidah dan muamalah untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkebinekaan.
Elemen Akhlak : Peserta didik mampu menganalisis akhlak terpuji-hikmah, iffah, syaja'ah, dan adalah; menghindari akhlak tercela hubbuddunya, hasad, ujub, sombong, riya, dan sifat-sifat turunannya, serta syahwat, ghadlab, licik, tamak, dzalim, dan diskriminatif, melalui tazkiyatun nufus dengan cara mujahadah dan riyadlah, sehingga terbentuk pribadi yang memiliki kesalehan individual dan sosial dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Elemen Adab : Peserta didik mampu membiasakan dan mengevaluasi adab berbakti kepada orang tua dan guru, mengunjungi orang sakit berdasarkan dalil dalam konteks kehidupan global sehingga terbentuk pribadi yang peduli dan santun dalam kehidupan sehari-hari.
Elemen Kisah Teladan : Peserta didik mampu meneladani kisah Nabi Luth a.s. dalam kesabaran, ketangguhan dan keberanian dalam menegakkan amar ma'ruf dan nahi munkar, sehingga dapat diambil inspirasi dalam menghadapi tantangan kehidupan yang hedonis, materialistis dan sekuler di era global.
Materi Akidah Akhlak Kelas X MA Semester Ganjil
BAB 1 MENGHINDARI SIFAT TERCELA
Ayo Memahami Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya, Hasad, Ujub, Sombong, Riya’)
1. Hubb al- dunya
2. Hasad
3. Ujub
4. Sombong
5. Riya’
BAB 2 MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH
Ayo Memahami Sifat Wajib dan Sifat Jaiz Allah
1. Pengertian Sifat Wajib dan Sifat Jaiz Allah
2. Sifat Allah
3. Sifat Mustahil bagi Allah
4. Sifat Jaiz Allah
5. Keutamaan Mengenal Nama dan Sifat Allah
BAB 3 AYO BERTAUBAT
Ayo Mendalami Hakikat, Syarat-syarat dan Kedudukan Taubat sebagai Pondasi Perjalanan Rohani
1. Pengertian Taubat
2. Hakikat Taubat
3. Syarat-syarat Tauba
4. Kedudukan Taubat5. Keutamaan Taubat
BAB 4 HIDUP MULIA DENGAN MENGHORMATI ORANG TUA DAN GURU
Ayo Memahami Adab dan keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dan Guru
1. Memahami Adab terhadap Orang Tua
2. Memahami Adab terhadap Guru
BAB 5 KISAH TELADAN NABI LUTH
Ayo Mendalami Kisah Teladan Nabi Luth A.s
1. Dalil Naqli Kisah Nabi Luth
2. Kisah Nabi Luth
3. Pesan Moral dan Hikmah dari Cerita Kisah Nabi Luth
4. Ibrah
Materi Akidah Akhlak Kelas X MA Semester Genap
BAB 6 INDAHNYA ASMA’UL HUSNA
B. Ayo Memahami al- Asma’ al- Husna
1. Pengertian al- Asma’ al- Husna
2. Mengkaji 16 Asma’ul Husna
BAB 7 JADIKAN ISLAM WASHATIYAH SEBAGAI RAHMATAN LIL ALAMIN
Ayo Memahami Islam Washatiyah (Moderat) sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin
1. Islam Washatiyah
2. Radikalisme
BAB 8 AYO MENUNDUKKAN NAFSU SYAHWAT DAN GADHLAB
Ayo Memahami Nafsu Syahwat dan Gadhlab serta Cara Menundukkannya
1. Hakikat dan Sifat Dasar Nafsu
2. Memahami Nafsu Syahwat
3. Memahami Nafsu Amarah (Nafsu Gadab)
BAB 9 MENERAPKAN SIKAP HIKMAH, IFFAH, SYAJA’AH DAN ‘ADALAH SEBAGAI PEMBENTUK AKHLAK KARIMAH
Ayo Memahami Sifat-sifat Utama Hikmah, Iffah, Syaja’ah, ‘Adalah
1. Mengenal Hikmah Kehidupan
2. Mengenal Sikap Iffah
3. Mengembangkan sikap Syaja’ah
4. Menegakkan Sikap ‘Adalah
BAB 10 AYO MENJAUHI PERILAKU TERCELA
Ayo Mendalami Menjauhi Perilaku Tercela (Licik, Tamak, Zalim, Diskriminasi)
1. Menlaah Arti Sikap Licik
2. Memahami Tamak
3. Memahami Zalim
4. Fahami Diskriminasi
BAB 11 MENJENGUK ORANG SAKIT SEBAGAI CERMIN SIKAP PEDULI
Ayo Mendalami Adab dan Hikmah Menjenguk Orang Sakit
1. Dalil Naqli Menjenguk Orang Sakit
2. Adab Menjenguk Orang Sakit
3. Hikmah Menjenguk Orang Sakit
Untuk mendapatkan contoh Modul Ajar Akidah Akhlak Kelas X MA Fase Kurikulum Merdeka silahkan download filenya yang sudah kami sediakan di akhir artikel ini.
Jika Para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki Perangkat Ajar lengkap Akidah Akhlak Kelas X Kurikulum Merdeka silahkan pesan DISINI atau bisa langsung menghubungi nomor Telp/Wa : 081350504500