RPP Daring Akhlak Tasawuf 1 Lembar Kelas X MA Sesuai KMA 183

RPP Daring Akhlak Tasawuf 1 Lembar Kelas X MA Sesuai KMA 183

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODA DARING

Nama Sekolah    :    MA N    
Kelas / Semester    :    X / Ganjil
Mata Pelajaran      :    Akhlak Tasawuf    
Alokasi Waktu    :    2 x 45 menit
Pertemuan Ke    :    1    
Tahun Pelajaran    :    2021 / 2022
Materi    :    Hubungan Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak Dan Ilmu Fikih


1.    Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran yang aktif dan kontekstual (Via Zoom atau Whatapps Grup), Peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan pengertian ilmu tasawuf, ilmu akhlak dan ilmu fikih, Mendeskripsikan hubungan kajian tasawuf dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih. serta mampu Menyajikan hasil analisis hubungan kajian tasawuf dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih..


2.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a.    Kegiatan Pendahuluan

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dalam aplikasi whatshapp group kelas dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya di aplikasi whatshapp group kelas
  • Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih.
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh

b.    Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks    Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)    

Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih

Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)    
Peserta didik mengidentifikasi peristiwa dalam gambar atau video/audio tersebut, sebanyak mungkin dimulai dari pertanyaan faktual sampai bersifat hipotetik yang berhubungan dengan Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih

Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)    
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (whatsapp grup) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi terkait materi  Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)    
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih Dan kelompok lain menganggapinya

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)    
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan melalui whatshapp group kelas tentang Ilmu Tasawuf, Ilmu Akhlak, Ilmu Fikih

c.    Kegiatan penutup

  • Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, sedangkan guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut berupa penugasan secara individu.
  • Peserta didik mengucapkan salam.

3.    Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian : observasi

Bentuk instrumen : lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas.

b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian : tertulis

Bentuk instrumen : Pilihan ganda / Esai

c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian : kinerja

Bentuk Instrumen : Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran


                                                                ………………, Januari 2021
Mengetahui,
Kepala MA Negeri                                   Guru Mata Pelajaran


………………………………                ………………………………
NIP.                                                         NIP.

Untuk mendapatkan Perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah