Silabus Akhlak Tasawuf (Peminatan Keagamaan) Kelas X Madrasah Aliyah sesuai KMA 183

Silabus Akhlak Tasawuf Kelas X MA sesuai KMA 183

Sekedar mengingatkan kembali bahwa pada pertemuan sebelumnya kami sudah membagikan Silabus Akhlak Tasawuf (Peminatan Keagamaan) Kelas XII MA sesuai KMA 183, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai Silabus Akhlak Tasawuf (Peminatan Keagamaan) Kelas X Madrasah Aliyah sesuai KMA 183.
 

Sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu guru sebelum mendowload silabus Akhlak Tasawuf  peminatan keagamaan kelas X MA yang seusai dengan KMA 183 ini. di bawah ini kami sajikan kompetensi dasarnya

Kompetensi Akhlak Tasawuf Kelas X Semester 1
------------------------------------------------------------------
1.1 Menghayati konsep kajian tasawuf, dan hubungannya dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih
2.1 Mengamalkan sikap peduli dan bertanggungjawab dalam mengimplementasikan konsep kajian tasawuf dan hubungannya dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih
3.1 Menganalisis konsep kajian tasawuf, dan hubungannya dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih
4.1 Menyajikan hasil analisis konsep kajian tasawuf, dan hubungannya dengan ilmu akhlak dan ilmu fikih

1.2 Meyakini kewajiban antar-sesama Muslim dalam berinteraksi sosial sebagai salah satu wujud implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan bermasyarakat.
2.2 Mengamalkan sikap tanggungjawab dan peduli sebagai implementasi materi kewajiban antar-sesama Muslim dalam berinteraksi sosial.
3.2 Menganalisis kewajiban antar-sesarna Muslim (menjawab salam, membesuk orang sakit, takziyah, menghadiri undangan, dan mendoakan orang bersin)
4.2 Mengomunikasikan hasil analisis tentang kewajiban antar-sesama muslim (menjawab salam, membesuk orang sakit, takziyah, menghadiri undangan, dan mendoakan orang bersin)

1.3 Menghayati pentingnya nilai-nilai akhlak dalam menggunakan media sosial untuk menghindari hoaks, ujaran kebencian, dan percakapan berkonten pornografi sesuai tuntunan agama
2.3 Mengamalkan sikap hati-hati dan waspada dalam menggunakan media sosial untuk menghindari hoaks, ujaran kebencian, dan percakapan berkonten pornografi sesuai tuntunan agama
3.3 Mengevaluasi penggunaan media sosial untuk menghindari hoaks, ujaran kebencian, dan percakapan berkonten pornografi sesuai tuntunan agama
4.3 Menyajikan model formulasi berrnedia sosial untuk menghindari hoaks, ujaran kebencian, dan percakapan berkonten pornografi sesuai tuntunan agama

1.4 Menghindari perilaku tercela: pornografi dan pornoaksi dan cara-cara menghindarinya
2.4 Mengamalkan sikap santun dan bertanggung jawab sebagai implementasi pengetahuan tentang perilaku tercela: pornografi dan pornoaksi dan cara-cara menghindarinya
3.4 Menganalisis perilaku tercela: pornografi dan pornoaksi dan cara-cara menghindarinya
3.5 Menganalisis perilaku zalim, diskriminasi, gaḍab, fitnah, namimah, dan gibah, serta cara-cara menghindarinya
4.4 Menyajikan contoh hasil analisis tentang perilaku tercela: pornografi dan pornoaksi dan cara-cara menghindarinya

1.5 Menghindari perilaku zalim, diskriminasi, gaḍab, fitnah, namimah, dan gibah, serta cara-cara menghindarinya
2.5 Mengamalkan sikap santun, jujur, dan tanggung jawab sebagai implementasi pengetahuan tentang perilaku zalim, diskriminasi, gaḍab, fitnah, namimah, dan gibah, serta cara-cara menghindarinya
4.5 Mengomunikasikan hasil analisis kasus tentang bahaya perilaku zalim, diskriminasi, gaḍab, fitnah, namimah, dan gibah yang terjadi di masyarakat

1.6 Menghayati pentingnya menghindari perilaku tercela dari kisah Abu Lahab dan istrinya, serta istri Nabi Luth dan kaum Sadum.
2.6 Mengamalkan sikap peduli dan tanggung jawab sebagai bentuk refleksi diri dalam menghindari perilaku tercela dari kisah Abu Lahab dan istrinya, serta istri Nabi Luth dan kaum Sadum.
3.6 Mengevaluasi perilaku tercela dari kisah Abu Lahab dan istrinya, serta istri Nabi Luth dan kaum Sadum
4.6 Mengomunikasikan hasil analisis tentang cara menghindari perilaku tercela dari kisah Abu Lahab dan istrinya, serta istri Nabi Luth dan kaum Sadum

Kompetensi Akhlak Tasawuf Kelas X Semester 2
-------------------------------------------------------------------
1.7 Menghayati pentingnya berakhlak terpuji dalam pergaulan remaja (gaḍḍul baṣar, menghindari khalwat, ikhtilaṭ, dan tidak melakukan sentuhan fisik dengan lawan jenis) di dunia nyata maupun dunia maya
2.7 Mengamalkan sikap santun dan tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (gaḍḍul baṣar, menghindari khalwat, ikhtilat, dan tidak melakukan sentuhan fisik dengan lawan jenis) di dunia nyata maupun dunia maya
3.7 Mengevaluasi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja (gaḍḍul baṣar, menghindari khalwat, ikhtilat, dan tidak melakukan sentuhan fisik dengan lawan jenis) di dunia nyata maupun dunia maya
4.7 Mengomunikasikan hasil analisis dampak negatif mengabaikan (gaḍḍul baṣar, melakukan khalwat dan ikhtilaṭ dengan lawan jenis di dunia nyata maupun dunia maya

1.8 Menghayati hikmah menghindari perilaku serakah, tamak, bakhil, dan israf/tabżir
2.8 Mengamalkan sikap hati-hati dan teliti sebagai refleksi menghindari perilaku tercela (serakah, tamak, bakhil, dan israf/tabżir)
3.8 Menganalisis bahaya perilaku tercela (serakah, tamak, bakhil, dan israf/tabżir) serta cara menghindarinya
4.8 Mengomunikasikan hasil analisis terhadap dampak negatif perilaku tercela (serakah, tamak, bakhil, dan israf/tabżir, serta cara menghindarinya

1.9 Menghayati pentingnya ajaran perilaku toleran (tasamuh) dan moderat (tawassuṭ) untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan umat
2.9 Mengamalkan sikap arif dan bertanggungjawab dalam perilaku toleran (tasamuh) dan moderat (tawassuṭ) untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan umat
3.9 Menganalisis perilaku toleran (tasamuh) dan moderat (tawassuṭ) untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan umat
4.9 Menyajikan hasil analisis pentingnya perilaku toleran (tasamuh) dan moderat (tawassuṭ) untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan umat dalam konteks NKRI

1.10 Menghayati nilai-nilai akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja'ah, dan `adalah).
2.10 Mengamalkan sikap peduli dan tanggungjawab sebagai implementasi akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja'ah, dan `adalah)
3.10 Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja'ah, dan `adalah) dan cara membiasakannya dalam kehidupan
4.10 Mengomunikasikan hasil analisis tentang induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syajaah, dan `adalah) serta cara membiasakannya dalam kehidupan

1.11 Menghayati pentingnya menjaga kelestarian lingkungan melalui konsep taskhir, intifa', dan ihtifaz.
2.11 Mengamalkan sikap peduli dan tanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan melalui konsep taskhir, intifa, dan ihtifaz.
3.11 Menganalisis pandangan Islam konsep taskhir, intifa, dan ihtifaz dalam kelestarian lingkungan
4.11 Mengomunikasikan hasil analisis penerapan konsep taskhir, intifa, dan ihtifaz dalam masyarakat

1.12 Menghayati keluhuran akhlak dari alKhulafa'ur Rasyidun (Abu Bakar as-Siddiq Ra., Umar bin al-Khattab Ra., Usman bin 'Affan Ra., dan Ali bin Abi Talib Ra.), dan aktualisasinya dalam kehidupan modern.
2.12 Mengamalkan sikap konsisten dan responsif sebagai wujud implementasi dari keteladanan akhlak al-Khulafa'ur Rasyidun dalam kehidupan modern.
3.12 Menganalisis keteladanan akhlak al-Khulafa'ur Rasyidun (Abu Bakar as-Siddiq Ra., Umar bin al-Khattab Ra., Usman bin Affan Ra., dan Ali bin Abi Talib Ra.), serta aktualisasinya dalam kehidupan modern.
4.12 Mengomunikasikan kisah keteladanan dari al-Khulafa'ur Rasyidun (Abu Bakar as-Siddiq Ra., Umar bin al-Khattab Ra., Usman bin Affan Ra., dan Ali bin Abi Talib Ra.), serta aktualisasinya dalam kehidupan modern.

Unduh Silabus Akhlak Tasawuf (Peminatan Keagamaan) Kelas X Madrasah Aliyah sesuai KMA 183 DISINI. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkah mengunjungi Halaman DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah