RPP Akidah Akhlak Kelas IV MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP Akidah Akhlak Kelas IV MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kurikulum 2013 Revisi 2017
pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com - RPP Akidah Akhlak Kelas IV MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tema : Indahnya Kalimat Thayyibah
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kekuasaan Allah SWT. melalui kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
2.1 Terbiasa membaca kalimat La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah). sesuai ketentuan syar’i.
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).dan artinya

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menunjukkan sikap menghayati kekuasaan Allah SWT. melalui kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah)
2.1.1 Menunjukkan sikap terbiasa membaca kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).sesuai ketentuan syar’i.
3.1.1 Menjelaskan makna lafal kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
3.1.2 Menunjukkan waktu mengucap La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
3.1.3 Menerjemahkan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
3.1.4 Menjelaskan hikmah mengucap La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah)
4.1.1 Melafalan kalimat La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
4.1.2 Menuliskan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
4.1.3 Menghafalkan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model Group Investigation peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan kalimat thayyibah Hauqalan serta mampu Melafalkan kalimat tayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).dan artinya

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Kalimat thayyibah Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim.

2. Konsep
• Kalimat Hauqolah mengandung arti tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Swt.
3. Prinsip
• Keutamaannya membaca kalimat Hauqolah adalah:
- Dapat menghapus dosa.
- Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
- Salah satu harta simpanan di Surga.
- Merupakan tanaman di Surga.
- Termasuk salah satu pintu Surga.
- fMerupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah.
4. Prosedur
• Melafalan kalimat La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
• Menuliskan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).
• Menghafalkan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim (hauqolah).

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi, tanya jawab dan Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Pinsil
6. Penghapus

G. Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4, Kemenag RI, 2014
2. Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4, Kemenag RI, 2014
3. Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
4. Media cetak dan elektronik sesuai materi
5. Lingkungan sekitar yang mendukung

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

1. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
• Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik akan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami.
  • Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian pengetahuan, dengan pertanyaan yang lebih sederhana.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Guru meminta peserta didik untuk melakukan studi pustaka (ke perpustakaan atau mencari di koran, majalah, dan browsing internet) untuk menemukan artikel yang berkaitan dengan materi.
  • Hasil temuannya ditulis dalam laporan tertulis yang berisi rangkuman singkat dari artikel tersebut.

Untuk mendapatkan RPP Akidah Akhlak Kelas IV MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI (Madrasah Ibtidaiyah) revisi 2017 silahkan klik disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah