Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Assalamu’alaiakum wa Rahmatullahi wa barokaatuh

pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com - Alhamdulillahirobila alamin, Puji syukur marilah kita senantiasa panjatkan kepada Allah SWT ,Tuhan semesta alam.atas pertolongan ,ampunan dan RahmatNYA,kita masih diberikan umur panjang sehingga kita bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah .Sholawat teriring salam hendaknya selalu kita bacakan kepeda junjunan kita Rasulullah SAW beserta keluaraga dan para shahabat beliau ,semoga kita selalu mengikuti jejak beliu hingga akhir hayat.

Saya layangkan risalah yang tak seberapa besar ini dengan penuh rasa rindu dan penghormatan yang tulus ikhlas,terpancar dari hati sanubari yang paling dalam dan dengan penuh cinta terhadap antum semua hanya karena mengharap Ridho Allah SWT.Dan saya bermohon kepadaNYA semoga kita semua dipertemukan olehNYA di Dalam surga yang penuh dengan kenikmatan,Rahmatan dan kemuliaan.

Seiring dengan akan datanganya bulan Ramadhan ,saya persembahakan nasihat sebagai hdiah yang tak seberapa nilainya, dan saya mohon saudara dan saudariku sekalian kiranya dapat menerimanya dengan dada yang lapang.Perlu saya sampaikan kepada para pembaca yang budiman,tulisan ini tiada lain dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan kita kepda Allah ,dan penambahan wawasan tentang islam yang menyangkut bulan Ramadhan.

Allah SWT telah mengistimewakan bulan Ramadhan dari bulan-bulan yang lainya dengan berbagai keistimewaan dan keutamaan yang diantaranya :
  • Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi dan harum baunyan disis Allah daripada aroma minyak kasturi.
  • Setiap hari bulan Ramadhan Allah menghiasi surgaNYA seraya berkata: “ Hampir tiba saatnya hamba-hambaku yang shalih melepaskan segala beban dan gangguan serta segera menuju engkau ( surga )!”
  • Para Malaikat memohonkan ampunan bagi orang yang berpuasa hingga berbuka.
  • Para setan dibelenggu
  • Di buka pintu-pintu surge dan ditutup pintu-pintu neraka.
  • Di dalamnya terdapat malam lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan.
  • Akan diberi pengampunan bagi orang yang berpuasa pada malam terakhir bulan Ramadhan.
  • Allah membebaskan hamba-hamba-NYA dari neraka pada setiap malam bulan Ramadhan.
Wahai saudaraku yang budiman!
Itulah sekilas mengenai keistimewaan bulan Ramadhan,lalu bagaimanakah kita menyambutnya?
Apakah dengan permainan-permainan yang melelahkan? Dengan bergadang setiap malam? Atau mungkin kesal dengan kedatangannya dan merasa keberatan? Na’udzubillah mindzalik.

Seyogyanya kita seorang hamba yang shalaih menyambutnya dengan taubat nashuha disertai tekad yang bulat untuk meraih sebanyak-banyaknya kebaikan di bulan Ramadhan yang suci ini.Mengisi waktunya dengan amal-amal shalih,seperti:

1. PUASA (SHIYAM )
2. SHALAT TARAWIH
3. SHADAQAH
4. MEMBACA AL-QURAN ( TADARRUS AL-QURAN )
5. DUDUK DI MASJID HINGGA TERBIT MATAHARI
6. I’TIKAF
7. UMRAH DI BULAN RAMADHAN
8. MENCARI MALAM LAILATUL QADAR
9. MEMPERBANYAK DZIKIR ,DOA DAN ISTIGHFAR
10. MENUNAIKAN ZAKAT
11. TIDAK BERBUAT HAL YANG SIA-SIA

Ada beberapa yang harus dipersiapkan diantaranya

1. Persiapan Iman/Niat
Keimanan harus dijaga niat harus dipersiapakan dengan cara melakukan latihan berpuasa sebelumnya ,puasa rojab,puasa senin –kamis,puasa Nabi Daud dan puasa ayyamul Bid.Iman dan Niat yang kuat akan memudahkan kita untuk mendapatkan hasil yang baik.
2. Persiapan Ilmu
Persiapan Ilmu sanagat penting karena perbutan ibadah puasa yang kita lakukan atau ibadah lainpun tanpa dilandasi oleh ilmu maka akan tertolak,tidak diterima, hasilnya tidak maksimal.Persiapan ilmu bisa dilakukan dengan banyak membaca buku-buku islami yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan,dengar ceramah agama atau mengikuti kegiatan – kegiatan keagamaan pengajian dan sanlat ramadhan.
3. persiapan Kesehatan
Persiapan kesehatan perlu dijaga dengan memeriksakan diri keahli kesehtan(dokter) ,secara rutin bagi yang sakit,atau menjaga kesehtan dengan berolah raga,jogging,senam dll.semua kita lakukan agar puasa kita maksimal ( tidak batal karena sakit) walau di benarkan oleh syara’.
4. Persiapan Harta
Allah menyediakan bilangan bulan 12 dalam satu tahun ,idealnya kita menyisih 1 bulan untuk focus pada bulan Ramadhan,setelah 11 bulan kita bekerja,bisa dilakukan dengan cara menabung bagi pekerja bebas yang tidak bekerja dibawah naungan instansi/perusahaan ,paling tidak persiapan harta kita lakukan utuk keperlua selama bulan ramadhan seperti: Keperluan berbuka dan syahur,Zakat fitrah,zakat mal,beli baju baru dan lain –lain yang umum dilakukan di kita pada bulan Ramadhan dan ‘idul fitri.

Demikian risalah ini saya susun yang dikutif dari aya-ayat Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW dan hasil pemikiran beberapa ulama salaf dan masa kini mudah –mudahan bermanfaat,sekaligus saya mengharapakan nasihat dan koreksi apabila terdapat kekurangan dalam hal penyampaiannya, baik susunan kata dan kaliamatnya atau apapun yang berkaiatan dengannya, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari salah dan dosa kiranya maaf yang saya harapakan dan ucapan terima kasih yang seluas-luasanya.Semoga Allah SWT selalu menjaga kita semua .Amiiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah