Silabus SKI Kelas XI MA Sesuai KMA 183 Revisi Terbaru

Silabus SKI Kelas XI MA Sesuai KMA 183 Assalamualaikum Wr.wb

Seiring dengan akan datangnya tahun pelajaran baru maka para rekan guru juga di tuntut untuk menyesuaikan semua administrasi kelasnya termasuk dalam menyusun silabus yang harus sesuai dengan KMA nomor 183 terbaru. Untuk itu kami hadir untuk sedikit membantu meringankan tugas seorang guru dalam menyusun Silabus Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MA ini.

Sebagai gambarannya berikut ini kami sajikan Pemetaan Kompetensi Dasar dan Materi pokok beserta tujuan pembelajarannya

SEMESTER GANJIL
Bab I. PERADABAN ISLAM DAULAH ABBASIYAH

1.1 Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah
1.2 Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradabandan ilmu pengetahuan
2.1 Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah
2.2 Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif
3.1. Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyah
3.2. Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmpengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
4.1 Menilai proses lahirnya Daulah Abbasiyah
4.2 Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menjelaskan proses lahirnya Daulah Abbasiyah
2. Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
3. Peserta didik mampu memahami proses lahirnya Daulah Abbasiyah
4. Peserta didik mampu memahami perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah

Bab.II. PERADABAN ISLAM DAULAH USMANI
1.3. Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah
1.4. Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan
2.3. Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah
2.4. Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif
3.3. Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani
3.4. Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani
4.3. Menilai proses berdirinya Daulah Usmani
4.4. Mengapresiasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Usmani
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menjelaskan proses lahirnya Daulah Usmani
2. Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani
3. Peserta didik mampu memahami proses lahirnya Daulah Usmani
4. Peserta didik mampu memahami perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani

Bab III. PERADABAN ISLAM DAULAH MUGHAL DI INDIA
1.5. Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah
1.6. Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan
2.5. Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah
2.6. Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif
3.5. Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah Mughal
3.6. Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Mughal
4.5. Menilai proses berdirinya Daulah Mughal
4.6. Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Mughal
2. Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal
3. Peserta didik mampu memahami sejarah lahirnya Daulah Mughal
4. Peserta didik mampu memahami perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Mughal

Bab IV. PERADABAN ISLAM DAULAH SYAFAWI DI PERSIA
1.7. Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah
1.8. Menghayati karunia Allah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan
2.7. Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah
2.8. Mengamalkan perilaku inovatif dan kreatif
3.7. Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Syafawi
3.8. Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi
4.7. Menilai proses berdirinya Daulah Syafawi
4.8. Mengapresiasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Syafawi
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menjelaskan sejarah lahirnya Daulah Syafawi
2. Peserta didik mampu menjelaskan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi
3. Peserta didik mampu memahami sejarah lahirnya Daulah Syafawi
4. Peserta didik mampu memahami perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi

SEMESTER GENAP
Bab V. Kemunduran Umat Islam
1.9. Menghayati bahwa kemunduran umat Islam disebabkan menjauhnya umat Islam dari petunjuk Allah Swt.
2.9. Mengamalkan sikap instropeksi, belajar dari pengalaman
3.9. Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid
4.9. Menyimpulkan sebab-sebab kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid.
2. Peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid.

Bab VI. Gerakan Pembaruan Dalam Islam
1.10. Menghayati lahirnya tokoh pembaru Islam adalah kehendak dari Allah Swt.
1.11. Menghayati nilai-nilai Islam dari gerakan pembaruan Islam merupakan perintah Allah Swt.
2.10. Mengamalkan sikap responsif terhadap perubahan
2.11. Mengamalkan sikap kritis, demokratis dan selektif
3.10. Menganalisis tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha,Muhammad Iqbal)
3.11. Menganalisis nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam
4.10. Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang serta argumen dari para tokoh pembaru Islam dan ide pemikirannya
4.11. Menyimpulkan nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan Islam dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Iqbal)
2. Peserta didik mampu memahami nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam
3. Peserta didik mampu menjelaskan permasalahan, sudut pandang serta argumen dari para tokoh pembaru Islam dan ide pemikirannya
4. Peserta didik mampu menjelaskan nilai-nilai positif dari gerakan pembaruan Islam dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain

Bab VII. Pengaruh Pembaruan Islam Di Indonesia
1.12. Menghayati pengaruh positif dari kemajuan umat Islam di dunia
1.13. Menghayati nilai-nilai Islam dan budaya lokal sebagai jati diri bangsa dengan munculnya organisasi Islam sebagai dampak adanya gerakan pembaruan
2.12. Mengamalkan perilaku selektif konstruktif
2.13. Mengamalkan sikap inovatif dan dinamis
3.12. Menganalisis pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia
3.13. Menganalisis munculnya organisasi Islam sebagai dampak dari adanya gerakan pembaruan
4.12. Mengidentifikasi pengaruh gerakan pembaruan Islam
4.13. Mengidentifikasi organisasi Islam yang muncul sebagai dampak adanya gerakan pembaruan
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia
2. Peserta didik mampu memahami munculnya organisasi Islam sebagai dampak dari adanya gerakan pembaruan
3. Peserta didik mampu menjelaskan pengaruh gerakan pembaruan Islam
4. Peserta didik dapat menunjukkan organisasi Islam yang muncul sebagai dampak adanya gerakan pembaruan

Bagi para rekan guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran lengkap mapel sejarah kebudayaan Islam (SKI) MA yang sesuai dengan KMA 183 silahkan Klik DISINI.

Atau menghubungi nomor Telp/wa : 081350504500

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah