Silabus Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA Sesuai KMA Nomor 183 Terbaru
SILABUS PEMBELAJARAN HADIS ILMU HADIS
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Hadis Ilmu Hadis
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
1. Menghayati dan mengainalkan ajaran agarna yang dianutnya
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
1. Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan hurnaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
1. Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar Semester 1
1.1 Menerima keberadaan ilmu hadis sebagai bagian penting dari pemeliharaan hadis
2.1 Mengamalkan sikap tanggung jawab dan peduli sebagai refleksi dari keyakinannya akan pentingnya ilmu hadis
3.1 Menganalisis berbagai pengertian, cabang, pengarang, dan kitab-kitab ilmu hadis
4.1 Menyajikan secara logis dan sistematis hasil analisis berbagai pengertian, cabang, pengarang, dan kitab-kitab ilmu hadis
2.1 Mengamalkan sikap tanggung jawab dan peduli sebagai refleksi dari keyakinannya akan pentingnya ilmu hadis
3.1 Menganalisis berbagai pengertian, cabang, pengarang, dan kitab-kitab ilmu hadis
4.1 Menyajikan secara logis dan sistematis hasil analisis berbagai pengertian, cabang, pengarang, dan kitab-kitab ilmu hadis
1.2 Menghayati keotentikan hadis sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
2.2 Mengamalkan sikap jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
3.2 Menganalisis sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
4.2 Menyajikan secara kronologis sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
2.2 Mengamalkan sikap jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
3.2 Menganalisis sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
4.2 Menyajikan secara kronologis sejarah perkembangan dan pertumbuhan ilmu hadis
1.3 Menghayati kebenaran Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
2.3 Mengamalkan sikap disiplin dan bertanggung jawab sebagai refleksi akan kebenaran Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
3.3 Menganalisis pengertian Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
4.3 Menyajikan secara kritis hasil analisis tentang pengertian Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
1.1 Menerima kebenaran unsur-unsur hadis
2.1 Mengamalkan sikap cermat dan teliti sebagai refleksi akan kebenaran unsur-unsur hadis
3.1 Menganalisis unsur-unsur hadis
4.1 Mendemonstrasikan unsur-unsur hadis dari hasil telaah terhadap hadis-hadis tertentu
2.3 Mengamalkan sikap disiplin dan bertanggung jawab sebagai refleksi akan kebenaran Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
3.3 Menganalisis pengertian Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
4.3 Menyajikan secara kritis hasil analisis tentang pengertian Hadis, Sunah, Khabar, dan Atsar
1.1 Menerima kebenaran unsur-unsur hadis
2.1 Mengamalkan sikap cermat dan teliti sebagai refleksi akan kebenaran unsur-unsur hadis
3.1 Menganalisis unsur-unsur hadis
4.1 Mendemonstrasikan unsur-unsur hadis dari hasil telaah terhadap hadis-hadis tertentu
Kompetensi Dasar Semester 2
1.5 Menerima kedudukan hadis sebagai sumber hukum kedua dan penjelas dari al-Qur'an
2.5 Mengamalkan sikap disiplin dan bertanggungjawab sebagai refleksi dari keyakinannya akan kedudukan hadis sebagai sumber hukum kedua dan penjelas dari al Qur'an
3.4 Menganalisis kedudukan dan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
4.5 Mempertunjukkan contoh-contoh kedudukan dan fungsi hadis terhadap al- Quran
2.5 Mengamalkan sikap disiplin dan bertanggungjawab sebagai refleksi dari keyakinannya akan kedudukan hadis sebagai sumber hukum kedua dan penjelas dari al Qur'an
3.4 Menganalisis kedudukan dan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
4.5 Mempertunjukkan contoh-contoh kedudukan dan fungsi hadis terhadap al- Quran
1.6 Menghayati keotentikan hadis sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
2.6 Mengamalkan sikap jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
3.6 Menganalisis sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
4.6 Menyajikan secara kronologis sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
1.7 Menghayati orisinalitas hadis sebagai refleksi terhadap proses kodifikasi (tadwin) hadis
2.7 Mengamalkan sikap teliti, jujur, bertanggung-jawab, sebagai refleksi akan ketelitian, kejujuran, dan tanggungjawab para ulama pengkodifikasi (mudawwin) hadis
3.7 Menganalisis proses kodifikasi hadis yang telah dilakukan para ulama
4.7 Menyajikan secara kronologis proses kodifikasi (tadwin) hadis yang dilakukan para ulama
1.8 Menghayati keberadaan hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad)
2.8 Mengamalkan sikap jujur dan objektif sebagai refleksi dari mempelajari hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad)
2.6 Mengamalkan sikap jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai refleksi dari sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
3.6 Menganalisis sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
4.6 Menyajikan secara kronologis sejarah perkembangan dan pertumbuhan hadis
1.7 Menghayati orisinalitas hadis sebagai refleksi terhadap proses kodifikasi (tadwin) hadis
2.7 Mengamalkan sikap teliti, jujur, bertanggung-jawab, sebagai refleksi akan ketelitian, kejujuran, dan tanggungjawab para ulama pengkodifikasi (mudawwin) hadis
3.7 Menganalisis proses kodifikasi hadis yang telah dilakukan para ulama
4.7 Menyajikan secara kronologis proses kodifikasi (tadwin) hadis yang dilakukan para ulama
1.8 Menghayati keberadaan hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad)
2.8 Mengamalkan sikap jujur dan objektif sebagai refleksi dari mempelajari hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad)
3.8 Menganalisis hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad), macam-macam, contoh dan kehujahannya.
4.8 Mendemonstrasikan secara tepat hasil analisis terhadap hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad), macam-macam, contoh dan kehujahannya
Untuk mendapat Silabus Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA Sesuai KMA Nomor 183 silahkan untudh filenya di bawah ini.
4.8 Mendemonstrasikan secara tepat hasil analisis terhadap hadis berdasarkan kuantitasnya (Mutawatir dan Ahad), macam-macam, contoh dan kehujahannya
Untuk mendapat Silabus Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA Sesuai KMA Nomor 183 silahkan untudh filenya di bawah ini.
Jika para rekan guru berminat mendapatkan RPP 1 lembar bai Daring ataupun Luring dan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.