RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas X MA

https://pendidikanagamaislamdanbp.blogspot.com/
RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas X MA
Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) berikut ini kami sajikan contoh RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas X MA yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Al-Qur’an Kitabku
Alokasi Waktu : 3x Pertemuan


1. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui model problem based learning siswa di harapkan mampu Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan pengertian al-Qur’an menurut para ahli tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan benar, menjelaskan nama-nama al-Qur’an. dengan benar serta mampu menunjukkan perilaku orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga : RPP 1 Halaman Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7,8,dan 9 SMP
2. Kegiatan Pembelajaran
  • Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran, dan cek kebersihan, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
  • Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Al-Qur’an Kitabku yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
  • Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Al-Qur’an Kitabku
  • Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Al-Qur’an Kitabku untuk ditemukan pemecahannya
  • peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  • Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  • Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
  • Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
  • Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
  • Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  • Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
  • Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Download juga : RPP Tematik 1 Lembar Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI
3.Penilaian
  • Teknik Penilaian (Sikap spiritual dan Sosial dan pengetahuan (assessment for as and of learning) dan Keterampilan
  • Pembelajaran Remedial (real teaching mix tutor sebaya) dan Pengayaan
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas X MA silahkan download filenya di bawah ini.
Untuk memiliki lengkap perangkat pembelajaran dan RPP 1 Lembar Al-Qur’an Hadis Kelas X MA silahkan klik DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah