Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA (KMA 183 Tahun 2019) Terbaru

Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA (KMA 183 Tahun 2019) Terbaru

Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA (KMA 183 Tahun 2019) Terbaru

Nama Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : X / Ganjil / Genap
Tahun Pelajaran : 2020 / 2021

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
1. Menghayati dan mengainalkan ajaran agarna yang dianutnya
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
1. Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan hurnaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
1. Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Semester I (Ganjil)
1.1 Menghayati ketetapan Allah atas hadirnya Agama Islam di Makkah sebagai solusi terhadap kerusakan masyarakat Jahiliyah
1.2 Menghayati substansi dan strategi dakwah Nabi di Makkah adalah sesuai dengan perintah Allah
1.3 Menghayati nilai-nilai spiritual dalam peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. dan para sahabat
2.1 Mengamalkan sikap santun dalam berinteraksi dengan lingkungan social
2.2 Mengamalkan sikap damai, tanggung jawab dan santun dalam mengajak kebaikan
2.3 Mengamalkan sikap dinamis dan toleran dalam kehidupan
3.1 Menganalisis kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
3.2 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Makkah
3.3 Menganalisis peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
4.1 Menilai kebudayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
4.2 Menyimpulkan substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. di Makkah dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain
4.3 Mengolah informasi tentang peristiwa hijrah Rasulullah Saw. ke Madinah
 
1.4 Menghayati nilai-nilai spiritual masyarakat Madinah
1.5 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun peradaban Islam di Madinah
1.6 Menghayati substansi piagam Madinah sebagai salah satu strategi perjuangan Rasulullah Saw.
2.4 Mengamalkan sikap toleran dan tolong menolong dalam kehidupan beragama
2.5 Mengamalkan hidup rukun dan saling menghargai antar umat beragama
2.6 Mengamalkan sikap toleran dan menjaga perdamaian
3.4 Menganalisis kebudayaan masyarakat Madinah sebelum Islam
3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah
3.6 Menganalisis substansi dari Piagam Madinah (Mitsaq al- Madinah)
4.4 Menilai kebudayaan masyarakat Madinah sebelum kedatangan Islam
4.5 Mengapresiasi strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Madinah dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain
4.6 Mengapresiasi isi Piagam Madinah (Mitsaq al-Madinah)
 
1.1 Menghayati nilai-nilai perdamaian Islam dari peristiwa Fathu Makkah
2.7 Menunjukkan sikap damai dan berani dalam menjalankan kebenaran
3.7 Menganalisis faktor-faktor keberhasilan Fathu Makkah
4.7 Mengapresiasi kemuliaan prilaku Rasulullah dalam peristiwa Fathu Makkah 
Kompetensi Dasar
Semester II (Genap)
1.8 Menghayati perintah Allah dalam mengutamakan musyawarah sebagai cara terbaik dalam menyelesaikanmasalah
1.9 Menghayati nilai-nilai positif dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sebagai ketentuan ajaran Islam
2.8 Mengamalkan sikap demokratis dalam bermusyawarah
2.9 Mengamalkan sikap tanggung jawab dan disiplin
3.8 Menganalisis proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
3.9 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin
4.8 Menilai proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
4.9 Menyimpulkan substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin
 
1.10 Menghayati bahwa kekuasaan adalah amanah
1.11 Menghayati bahwa manusia memiliki berbagai macam potensi sebagai anugerah dari Allah Swt.
2.10 Mengamalkan sikap komitmen dalam menjalankan amanah
2.11 Mengamalkan sikap semangat menuntut ilmu
3.10 Menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus
3.11 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus
4.10 Menilai proses berdirinya Daulah Umayah di Damaskus
4.11 Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus
 
1.12 Menghayati karunia Allah dalam pencapaian peradaban Islam
1.13 Menghayati nikmat Allah dari kemajuan peradaban dan ilmu pengetahuan dalam Islam
2.12 Mengamalkan sikap dinamis dan bersungguh-sungguh dalam menggapai cita-cita
2.13 Menampilkan perilaku inovatif dan produktif
3.12 Menganalisis sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia
3.13 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia
4.12 Menilai sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia
4.13 Mengapresiasi peristiwa penting dalam perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia

Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan Perangkat pembelajaran dan RPP lengkapnya silahkan klik DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah