Silabus Akidah Akhlak Kelas XI MA Sesuai Dengan KMA No. 183 Revisi Terbaru

Silabus Akidah Akhlak Kelas XI MA Sesuai Dengan KMA No. 183 Revisi Terbaru
Silabus Akidah Akhlak Kelas XI MA Sesuai KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) REPUBLIK INDONESIA NOMOR 183 TAHUN 2019 TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB PADA MADRASAH

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) Menghayati dan mengainalkan ajaran agarna yang dianutnya
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) Menuniukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, dainai), santun, responsif, dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) Memaharni, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan hurnaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN) Mengolah, menalar, dan meneaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
Semester I (Ganjil)

1.1 Menghayati nila-nilai munculnya aliran-aliran Kalam dalam peristiwa Tahkiim
2.1 Mengamalkan sikap teguh pendirian, berpikir kritis dan toleran dalam menghadapi perbedaan dalam aliran-aliran kalam
3.1 Menganalisis latar belakang munculnya aliran-aliran Kalam dalam peristiwa Tahkiim
4.1 Menyajikan hasil analisis tentang latar belakang munculnya aliran-aliran Kalam dalam peristiwa Tahkiim

1.2 Menghargai keragaman nilai-nilai dalam aliran-aliran ilmu Kalam: Khawarij, Syiah„ Murji'ah, Jabariyah, Qodariyah, Mu'tazilah, Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy-ariyah dan Maturidiyah)
2.2 Mengamalkan sikap tanggung jawab dan menghargai perbedaan setelah mempelajari aliran- aliran ilmu Kalam: Khawanj, Syiah„ Murji'ah, Jabariyah, Qodariyah, Mu'tazilah, Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy-ariyah dan Maturidiyah)
3.2 Menganalisis sejarah, tokoh utama dan ajaran pokok aliran-aliran ilmu Kalam: Khawanj, Syiah„ Murji'ah, Jabariyah, Qodariyah, Mu'tazilah, Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy-ariyah dan Maturidiyah)
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang sejarah, tokoh utama dan ajaran pokok aliran-aliran ilmu Kalam: Khawarij, Syiah„ Murji'ah, Jabariyah, Qodariyah, Mu'tazilah, Ahlussunnah wal Jama'ah (Asy-ariyah dan Maturidiyah)

1.3 Menghayati dampak buruk dan pentingnya menghindari perbuatan dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khomar, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim, dan korupsi)
2.3 Mengamalkan sikap takwa, tanggung jawab dan ber-amar ma 'ruf nahy munkar sebagai cermin menghindari perbuatan dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khomar, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim, dan korupsi)
3.3 Menganalisis perilaku dan dampak negatif, serta upaya menghindari dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khomar, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim, dan korupsi)
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang perilaku dan dampak negatif, serta upaya menghindari dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khomar, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim, dan korupsi)

1.4 Menghayati adab yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
2.4 Mengamalkan sikap santun dan tanggung jawab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
3.4 Menganalisis adab dan manfaat berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
4.4 Menyajikan hasil analisis tentang adab dan manfaat berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu

1.5 Menghayati sifat-sifat utama Fatimatuzzahra ra. dan Uways al Qarni
2.5 Mengamalkan sikap santun dan tanggung jawab sesuai keteladanan sifat-sifat Fatimatuzzahra ra. dan Uways al-Qarni
3.5 Menganalisis sifat-sifat utama Putri Rasulullah, Fatimatuzzahra ra. dan Uways al-Qarni
4.5 Mengominikasikan contoh implementasi keteladanan Fatimatuzzahra ra. dan Uways al-Qarni dalam kehidupan sehari-hari
Download juga RPP 1 Lembar Fikih Moda Daring kelas XI MA Revisi 2020
Semester II (Genap)
1.6 Menghayati pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
2.6 Mengamalkan sikap bertanggung jawab dan santun dalam pergaulan remaja
3.6 Menganalisis akhlak pergaulan remaja dan upaya memilikinya
4.6 Menyajikan hasil analisis tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dan upaya memilikinya

1.7 Menghayati akhlak tercela yang harus dihindari; israf, tabzir, dan bakhil
2.7 Mengamalkan sikap bertanggung jawab dan peduli kepada sesama sebagai cermin dari pemahaman dalam menghindari perbuatan israf, tabzir, dan bakhil
3.7 Menganalisis bentuk dan cara menghindari akhlak tercela; israf, tabzir, dan bakhil
4.7 Menyajikan hasil analisis tentang bentuk dan cara menghindari israf, tabzir, dan bakhil

1.8 Menghayati kepastian Allah tentang kematian dan alam barzah
2.8 Mengamalkan sikap jujur dan tanggung jawab sebagai cermin dari pemahaman terhadap kepastian Allah adanya kematian dan alam barzah
3.8 Menganalisis dalil aqli naqli dan fakta sosial kematian, ciri-ciri, husnul dan su 'ul khotimah, serta alam barzah
4.8 Menyajikan hasil analisis tentang dalil aqli naqli dan fakta sosial kematian, ciri-ciri, husnul dan su'ul khotimah, serta alam barzah

1.9 Menghayati kedudukan dan fungsi syariat, thariqat, hakikat dan ma'rifat dalam ajaran Islam
2.9 Mengamalkan sikap, istiqamah dalam menempuh ajaran Islam sebagai refleksi syariat, thariqat, hakikat dan ma'rifat
3.9 Menganalisis dalil, kedudukan, dan fungsi syariat, thariqat, hakikat dan ma'rifat dalam ajaran Islam
4.9 Menyajikan hasil analisis tentang dalil, kedudukan, dan fungsi syariat, thariqat, hakikat dan ma'rifat dalam ajaran Islam

1.10 Menghayati nilai-nilai keruhanian Islam dalam ajaran tasawuf para sufi besar
2.10 Mengamalkan sikap takwa dan istiqamah yang mencerminkan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan
3.10 Menganalisis definisi, tokoh utama dan inti ajaran tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabiah al-Adawiyah, al-Ghazali, Syekh Abdul Qadir al-Jailani)
4.10 Memaparkan hasil analisis tentang inti ajaran tasawuf (Imam Junaid al-Baghdadi, Rabiah al-Adawiyah, alGhazali, Syekh Abdul Qadir al-Jailani)

1.11 Menghayati keutamaan sifat sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari r.a.
2.11. Mengamalkan sikap jujur dan tanggung yang mencerminkan sifat keteladanan sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari r.a.
3.11 Menganalisis kisah keteladanan sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari r.a.
4.11 Mengomunikasikan contoh implementasi keteladanan Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari r.a. dalam kehidupan sehari-hari

Untuk mendapatkan silabus Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah yang sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) NOMOR 183 TAHUN 2019 TENTANG KURIKULUM PAI DAN BAHASA ARAB PADA MADRASAH silahkan download filenya pada link yang sudah kami sediakan pada akhir artikel ini.

Jika para rekan guru berminat untuk memiliki dan mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MA silahkan klik DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah