RPP Satu lembar Akidah Akhlak Kelas X MA Sesuai KMA No 183 tahun 2019 Moda Daring

RPP Satu lembar Akidah Akhlak Kelas X MA Sesuai KMA No 183 tahun 2019
Assalamualaikum wr.wb
Pada pertemuan sebelumnya admin sudah membagikan RPP 1 Lembar Hadist Ilmu Hadis Peminatan Keagamaan Keas X MA yang sesuai dengan Keputusan menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi mengenai RPP Satu lembar Akidah Akhlak Kelas X MA sesuai KMA No 183 tahun 2019 revisi 2020.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODA DARING

Nama Sekolah    :    MA N
Mata Pelajaran      :    Akidah Akhlak
Kelas / Semester    :    X / Ganjil  
Alokasi Waktu    :    2 x 45 menit
Tahun Pelajaran    :    2020 / 2021  
Pertemuan Ke    :    1
Materi    :    Ayo Menghindari Sifat Tercela


1.    Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran jarak jauh (whatshapp group kelas) peserta didik diharapkan mampu Menghayati hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya adalah larangan agama Islam, Mengamalkan sikap menghindari diri dari hub al- dunya dan sifat-sifat turunannya, Menelaah dalil sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya, Menguraikan makna sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya, Memerinci sebab-sebab dilakukan sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya, Menguraikan dampak negatif sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya, Menguraikan cara menghindari sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya serta mampu Melafalkan dalil tentang sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya dan Mendiskusikan hasil analisis makna, penyebab, dan dampak negatif dari sifat tercela hubb al- dunya dan sifat-sifat turunannya

2.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a.    Kegiatan Pendahuluan
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dalam aplikasi whatshapp group kelas dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya di aplikasi whatshapp group kelas
  • Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya).
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh
b.    Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks    

Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)    
Peserta didik menyimak tayangan gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya)

Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)    
Peserta didik mengidentifikasi peristiwa dalam gambar atau video/audio tersebut, sebanyak mungkin dimulai dari pertanyaan faktual sampai bersifat hipotetik yang berhubungan dengan Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya)

Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)    
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok (whatsapp grup) untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi terkait materi  Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya)

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)    
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa gambar atau video/audio di aplikasi whatshapp group kelas tentang Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya) Dan kelompok lain menganggapinya

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)    
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan melalui whatshapp group kelas tentang Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya)

c.    Kegiatan penutup
•    Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, sedangkan guru memberikan umpan balik dan tindak lanjut berupa penugasan secara individu.
•    Peserta didik mengucapkan salam.

3.    Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Sikap

Teknik penilaian : observasi
Bentuk instrumen : lembar observasi yang memuat aspek percaya diri, disiplin, kreatif serta kerja sama melalui google form yang dikirimkan melalui aplikasi whatshapp group kelas.

b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Teknik penilaian : tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda / Esai

c.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
Teknik penilaian : kinerja
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian presentasi, kemampuan bertanya dan menjawab, kemampuan memberikan masukan/saran

Untuk mendapatkan RPP Satu lembar Akidah Akhlak Kelas X MA sesuai KMA No 183 tahun 2019 silahkan download filenya di bawah ini.
jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki perangkat pembelajaran lengkap mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MA sesuai KMA No 183 tahun 2019 silahkan klik DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex pai bawah